Berkerumun saat Pandemi, Ritual Dayango Dibubarkan Aparat Gabungan

Berkerumun saat Pandemi, Ritual Dayango Dibubarkan Aparat Gabungan

15/09/2021 08:14 0 By Syakir

Aparat gabungan Kepolisian dan TNI, membubarkan masyarakat yang berkurmun saat pagelaran ritual Dayango, di Tilamuta, Selasa malam (15/9/2021)

Hulondalo.id – Tim Gabungan Patroli Polsek Tilamuta dan Koramil Tilamuta membubarkan kerumunan dalam pelaksanaan Adat Dayango, di Desa Tenilo, Kecamatan Tilamuta, Selasa (14/9/2021) sekitar pukul 21.00 WITA.

Pantauan hulondalo.id, masyarakat yang hadir terhitung begitu banyak sehingga menimbulkan kerumunan massa. Dan kehadiran tim gabungan patroli yang berjumlah 7 orang itu, melakukan edukasi ke warga setempat serta membubarkan masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Terlihat, pihak gabungan Polsek Tilamuta dan Koramil Tilamuta menyuruh masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan, dari tidak memakai masker dan berkerumun untuk segera meninggalkan lokasi perayaan.

Sebab, saat ini pemerintah daerah sedang menerapkan PPKM level 4, dimana aktivitas pada malam hari di batasi serta kegiatan yang mengumpulkan massa ditiadakan.

Kepala Desa Tenilo, Rapli Biya, saat dikonfirmasi hulondalo.id, mengatakan sebagai pemerintah desa hanya merespon permohonan dari tokoh masyarakat setempat untuk melakukan Adat Diyango, serta sudah dipesan untuk menjaga protokol kesehatan.

“Tadi sudah saya sampaikan ke masyarakat agar jangan berkerumun, yang penting apa yang di maukan masyarakat itu sudah direspon untuk dijalankan. Dan saya bukan mau izin karena itu tertulis, tetapi hanya merespon,” terangnya.

Kata Kades Repli, bahwa Adat Dayango ini sudah turun temurun di lakukan masyarakat setempat untuk menolak musibah.

“Adat ini sejak nenek moyang dibuat tiap tahun, cuma justru karena munculnya masalah, sehingga dalam keadaan darurat dilakukan untuk menolak musibah pandemi covid-19 ini. Dan di desa ini belum ada yang terpapar covid-19, dan sekitar 50 persen atau 300 masyarakat nya sudah di vaksin,” tandasnya.

Informasi yang dirangkum hulondalo.id, ritual adat Dayango ini bertujuan untuk memanggil makhluk gaib penguasa setempat yang di yakini mampu mengusir Covid-19. Dalam ritual itu, terlihat sejumlah orang menari-nari dengan gerakan tak beraturan yang di iringi musik tradisional dan bahasa daerah. (**)