Berlebihan Main Gadget Ini Ancamannya, Termasuk Untuk Anak-anak

Berlebihan Main Gadget Ini Ancamannya, Termasuk Untuk Anak-anak

06/09/2019 20:08 0 By Maman

Salah satu bentuk aktivitas fisik yang dilakukan Gorontalo Germas Comunnity (GGC).

Hulondalo.id- Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, proporsi penduduk Indonesia usia lebih dari 10 tahun yang kurang melakukan aktivitas fisik, jumlahnya meningkat dari 26,1% di tahun 2013, menjadi 33,5% pada 2018.

Salah satu pemicu atau faktor penyebab orang kurangmya melakukan aktivitas adalah, perkembangan teknologi seperti penggunaan gadget.

“Termasuk dalam hal memesan makanan,,” kata Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dikes Provinsi Gorontalo Nancy Pembengo.

Kurangnya melakukan aktivitas kata dia, menjadi penyebab kematian terbanyak di Indonesia saat ini, Penyakit Tidak Menular. Penyakit tidal menular tersebut seperti stroke, penyakit ginjal kronis, diabetes melitus, dan hipertensi.

“Kurang melakukan aktivitas fisik, menjadikan seseorang akan berpotensi mengalami penyakit-penyakit tersebut,” ungkap Nancy Jum’at (6/9/2019).

Nancy menambahkan, pentingnya aktivitas fisik untuk meningkatkan kebugaran jantung, paru, kekuatan dan daya tahan otot, serta menurunkan risiko Penyakit Tidak Menular, dapat dimulai dengan hal mudah dan murah seperti Jalan kaki.

“Nah, jika mau optimal dalam menjaga kebugaran tubuh, harus aktivitas fisik minimal 30 menit perhari. Bagi anak-anak, aktivitas fisik dilakukan minimal 60 menit perhari, karena anak-anak perlu banyak bergerak untuk menstimulasi pertumbuhan fisiknya,” ujarnya.

Melalui peringatan Hari Olahraga Nasional 2019 yang diperingati setiap bulan September, Nancy mengajak seluruh lapisan masyarakat, agar bisa melakukan aktivitas fisik.

“Seperti yang di kampanyekan oleh Gorontalo Germas Comunnity (GGC) dalam mewujudkan masyarakat yang sehat, bersih dan sejahtera,” pungkasnya. (Rinto/5)