Bersama Menparekraf, Kepala BPM Didaulat Narasumber Konferensi Nasional

Bersama Menparekraf, Kepala BPM Didaulat Narasumber Konferensi Nasional

11/08/2021 23:27 0 By Maman

UBM Gorontalo Konferensi Nasional

Konferensi Nasional Ilmu Pemerintahan, digelar oleh Universitas Muhammadiyah Sinjai yang turut menghadirkan Kepala BPM UBM Gorontalo, Dr. Ikram Muhammad M.Si sebagai pemateri.

Hulondalo.id – Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) dan Balai Diklat, Universitas Bina Mandiri (UBM) Gorontalo, Dr. Ikram Muhammad M.Si didaulat menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan Konferensi Nasional Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Sinjai.

Kegiatan yang diikuti kurang lebih 300 peserta dari berbagai kalangan dan latar belakang ini, turut dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno, Bupati Sinjai, Rektor UMSI dan beberapa pemateri kompeten lainnya.

Dengan meteri tentang Inovasi Pelayanan Publik berbasis digital di Indonesia, Dr. Ikram sukses mengundang decak kagum para peserta.

Menurut Dr. Ikram, Inovasi pelayanan berbasis digital ini didasarkan pada transformasi sosial yang hari ini telah berada pada era Society 5.0 atau Super Smart Society.

“Namun, kita masih cukup terlambat, sebab Melek Internet Masyarakat kita baru di angkat 30an%, peringkat E-Government kita masih di angkat 88, berada jauh di atas Malaysia di peringkat 44 maupun Thailand di peringkat 57, apalagi Korea Selatan yang merdeka hanya berbeda 2 Hari dengan Indonesia yaitu di peringkat 2,” ungkapnya.

“Level E-Government kita umumnya masih di e-information, masih jauh dari e-serving kecuali beberapa daerah saja, apalagi e-transaction hingga e-participation kita,” tambahnya.

Namun, Dr. Ikram optimis bisa mewujudkannya, apabila didukung oleh Strong and Smart Leadership di Level Nasional maupul Local Government. (ais/rls)