BI Gorontalo Latih Abang Bentor Pakai QRIS Biar Transaksi Makin Mudah

BI Gorontalo Latih Abang Bentor Pakai QRIS Biar Transaksi Makin Mudah

17/03/2021 18:41 0 By Alex

Bank Indonesia BI Gorontalo Bentor QRIS

On Boarding Implementasi QRIS untuk melatih para pengemudi bentor dan pedagang yang digelar KPw BI Provinsi Gorontalo, Rabu (17/3/2021)

Hulondalo.id – Setelah menggandeng komunitas pasar tradisional Liluwo, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Gorontalo kali ini mengajak komunitas becak motor (bentor) dan sejumlah pedagang untuk memanfaatkan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) dalam setiap transaksinya.

Ini sebagai bentuk upaya KPw BI Provinsi Gorontalo dalam mewujudkan ekosistem transaksi digital sekaligus memutus mata rantai penularan Covid-19 di Gorontalo.

Pada kegiatan kesempatan ini, puluhan pengemudi bentor dan pedagang di lingkungan ASN Gorontalo dilatih tentang cara transaksi menggunakan QRIS atau dompet digital.

“Bentor merupakan salah satu moda transportasi yang popular digunakan masyarakat. Banyaknya pengemudi bentor di Gorontalo menggambarkan kontribusinya sebagai salah satu mata pencaharian masyarakat,” ujar Kepala KPw BI Provinsi Gorontalo, Budi Widihartanto saat membuka On Boarding Implementasi QRIS, Rabu (17/3/2021).

“Olehnya, seiring perkembangan transaksi digital yang pesat, mereka menjadi komunitas yang diprioritaskan untuk diedukasi dan diimplementasikan QRIS. Ini juga dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19,” sambung Budi.

Pada kegiatan yang dihadiri sedikitnya 60 pengemudi bentor rupanya sebagian besar telah mengenal QRIS. Pasalnya, mereka umumnya sudah lama menggunakan aplikasi ojek online, seperti Grab dan Gojek.

Bank Indonesia BI Gorontalo Bentor QRIS

Para pengemudi bentor dan pedagang di lingkungan ASN Gorontalo antusias dan siap mendukung penerapan transkasi digital melalui QRIS.

Sebelumnya, kegiatan On Boarding Implementasi QRIS ini merupakan bagian dari rangkaian Pre-Event Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) Tahun 2021 di KPw BI Gorontalo yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 5-8 April 2021 mendatang.

Tujuannya tidak lain untuk mendorong penerapan digitalisasi transaksi pemerintah daerah dan juga masyarakat Gorontalo secara luas.

Pada tahun ini, bank sentral menargetkan sedikitnya 12 Juta pelaku UMKM menerapkan QRIS. Sementara KPw BI Provinsi Gorontalo menargetkan 15.474 pelaku UMKM sudah menerapkan QRIS tahun ini juga.(Alex)