Bilik Steril Tiba di Perbatasan Atinggola, Sekda: Bantu Cegah Covid-19

Bilik Steril Tiba di Perbatasan Atinggola, Sekda: Bantu Cegah Covid-19

28/03/2020 21:37 0 By Maman

Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin saat menerima bilik steril dari Pemprov Gorontalo yang telah ditempatkan di perbatasan Provinsi Gorontalo dan Sulut. (hms)

Hulondalo.id – Bilik steril tiba di perbatasan Gorontalo dan Sulut tepatnya, di Kecamatan Atinggola. Bilik ini diharapkan bisa mencegah penyebaran covid-19 di Provinsi Gorontalo. Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin menerima dan mencoba langsung bilik steril dari Pemprov Gorontalo tersebut.

Sekda yang juga Koordinator Pelaksanaan Gugus Tugas Covid-19 Gorontalo Utara mengatakan, bilik tersebut sebelumnya dipasang di rudis Gubernur Gorontalo. Di Provinsi Gorontalo, bilik tersebut ada 2 unit, salah satunya ada di bandara.

“Pak Gubernur menyampaikan kepada kami, agar bilik ini segera dipakai di perbatasan di Atinggola, saya diminta untuk bertemu dengan pak dr. Triyanto sebagai koordinator pemasangan alat untuk mesin desinfektan dan beliau harapkan ini dapat membantu cegah virus,” ungkap Sekda Ridwan Yasin, Sabtu (28/3/2020).

“Pak Gubernur juga memprioritaskan diperbatasan khususnya diperbatasan Bolmut dan Gorontalo Utara,” ujar Sekda.

Sementara itu, terkait status wabah covid-19 di Gorontalo Utara, Sekda menyampaikan, pemeriksaan sudah dilakukan beberapa waktu  lalu, dan telah di sampaikan ke Provinsi Gorontalo.

“Pemprov yang memiliki legitimasi dan berhak untuk menyampaikan ke publik, kami hanya menyampaikan data mana yang ODP dan mana yang nanti PDP,” tukasnya.

“PDP satu dan kami sudah rujuk ke RS Aloe Saboe, sudah dilaporkan langsung kepada Pak Gubernur dan kita tunggu bersama hasilnya dari Makassar,” tambahnya.

Sekda menambahkan, informasi dari petugas juga sudah diterima, ada 3 warga yang dicurigai atau dalam keadaan sakit dan dikembalikan ke Kabupaten Bolmut. Karena itu kata Sekda menjadi kesepakatan Kabupaten Gorontalo Utara dan Bolamongondow Utara.

“Disepakati, ketika ada warga yang sakit, dan pemeriksaan kesehatan ada gejala Covid-19, maka kami akan kembalikan, demikian juga sebaliknya,” pungkasnya. (Prin/Adv)