Bincang Kreatif Kemenparekraf-Komisi X DPR RI

Bincang Kreatif Kemenparekraf-Komisi X DPR RI

08/11/2021 21:18 0 By Maman

Bincang Kreatif

Bincang Kreatif digelar Kemenparekraf dan Komisi X DPR RI. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Komisi X DPR RI menggelar Bincang Kreatif Seni Pertunjukan dan Ekonomi Kreatif di Gorontalo, Senin (8/11/2021). Direktur Musik, Film, dan Animasi Kemenparekraf RI, Dr. Muhamad Amin Abdullah mengatakan, ekonomi kreatif harus dibranding terus menerus melalui iklan.

“Perlu kita bangun adalah ekosistem yang mendukung rantai nilai ekonomi kreatif yakni kreasi, produksi, distribusi, konsumsi dan konservasi,” ungkapnya.

Muhamad Amin menjelaskan, ekonomi kreatif di Indonesia akan maju jika dipimpin orang-orang muda. Sebab, anak muda memiliki semangat kreatifitas yang tinggi. Dia menjelaskan, kuliner dan fashion, merupakan ekonomi kreatif yang berkontribusi tinggi terhadap ekonomi di Indonesia.

“Kini, kuliner memberikan kontribusi pendapatan senilai 40% di Indonesia, juga ekonomi kreatif sebagai nilai tambah intelektual,” terangnya.

Sementara itu, Anggota DPR RI Elnino Mohi dalam bincang kreatif mengatakan, nilai ekonomi kreatif ini harus dibangun dari manusianya. Jika manusianya kreatif, tentu ekonominya akan membaik. Dia juga mengatakan, ekonomi kreatif juga salah satunya menghidupkan seni-seni di lingkungan masyarakat.

“Pendiri bangsa ini adalah para seniman,” ujarnya.

Dalam paparannya juga, Elnino mengajak untuk memberikan dukungan terhadap Geopark di Gorontalo yang sudah dilakukan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo.

“Mari kita berkolaborasi dan mendukung serta menghidupkan masyarakat untuk melakukan ekonomi kreatif,” tandasnya. (Inkri)