BKSU Bahas Potensi Sektor Pariwisata di Bonebol

BKSU Bahas Potensi Sektor Pariwisata di Bonebol

24/02/2021 01:17 0 By Jeffry

Rapat kerja kedua BKSU yang dilaksanakan di Kabupaten Bonebol membahas sektor pariwisata untuk dikembangkan di 4 daerah.(F.Onal/Prokopim)

Hulondalo.id – Badan Kerja Sama Utara-Utara (BKSU) mulai membahas potensi sektor pariwisata untuk dikembangkan di 4 daerah melalui rapat kerja yang digelar di Kabupaten Bone Bolango, Selasa (23/2/2021).

Adapun ke 4 daerah yang termasuk dalam BKSU antara lain, Kabupaten Bone Bolango (Gorontalo), Kabupaten Gorontalo Utara (Gorontalo), Kabupaten Buol (Sulteng) serta Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Sulut).

“Ini sebagai tindak lanjut dari 3 program unggulan BKSU yang disepakati bersama. Salah satunya sektor pariwisata,” ujar Sekjen BKSU Fachrudin Zain Olilingo.

Dirinya menjelaskan, 3 program unggulan tersebut telah ditetapkan untuk dibahas di 3 daerah. Yakni, Kabupaten Bolmut (Sulut), Kabupaten Bonebol (Gorontalo) serta Kabupaten Buol (Sulteng)

Adapun 3 program unggulan tersebut yakni bergerak di sektor kelautan dan perikanan, pariwisata serta pertanian dan peternakan.

“Tanggal 19 Februari kemarin raker itu kita laksanakan di Bolmut membahas tentang pengembangan udang vaname, dan ini kali kedua di Bonebol yang membahas sektor pariwisata. Dan 9 Maret nanti itu akan digelar di Buol membahas pengembangan peternakan sapi,” sebut Fachrudin.

Nantinya, kata dia, hasil program yang dibahas dalam rapat kerja BKSU ini, akan dirumuskan oleh tim perumus yang terdiri dari seluruh Kepala Dinas dan UNG guna merumuskan program prioritas yang akan mendapatkan anggaran di Tahun 2022.

“Hasil ini nantinya akan dipaparkan pada rapat pleno di Kabupaten Gorut yang akan diikuti oleh sektor perikanan, peternakan, dan pariwisata,” imbuh Fachrudin.

Sementara itu, Plh Bupati Bonebol Ishak Ntoma berharap rapat kerja BKSU ini dapat menghasilkan keuntungan guna mendesain lokus wisata di daerah, baik yang ada di Provinsi Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Utara.

“Sama dengan daerah di Provinsi Gorontalo pada umumnya, konsep pariwisata yang saat ini terus digenjot di Bonebol adalah konsep Geopark. Olehnya diharapkan lewat raker BKSU ini nantinya menghasilkan keuntungan di daerah masing-masing,” tandas Ishak Ntoma.(Jeff/Adv)