BMKG Tambah Alat Informasi Gempa & Deteksi Tsunami di Gorontalo Utara

BMKG Tambah Alat Informasi Gempa & Deteksi Tsunami di Gorontalo Utara

04/05/2021 20:47 0 By Maman

Pertemuan Sekda Ridwan dan Kepala BMKG Gorontalo

Sekda Gorontalo Utara, Ridwan Yasin menerima kunjungan Kepala BMKG Gorontalo. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – BMKG Pusat akan menambah alat Diseminasi Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami, Warning Receiver System (WRS) New Generation di Gorontalo Utara.

“Kita ini berada di daerah patahan dan rawan bencana gempa, sehingga Gorontalo Utara mendapatkan perhatian khusus dari BMKG, pusat dan akan menempatkan satu alat pendeteksi gempa,” ungkap Sekda Gorontalo Utara, Ridwan Yasin usai menerima kunjungan Kepala BMKG Stasiun Geofisika Gorontalo, Gandamana M. di ruang kerjanya Selasa (4/5/2021).

Sekda mengatakan, alat tersebut sebelumnya sudah ada di Kantor Bupati Gorontalo Utara. Satu alat lagi akan di tambah oleh BMKG Pusat. Nantinya akan ditempatkan di Kantor BPBD Gorontalo Utara.

“Kami atas nama pemerintah Gorontalo Utara, menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada BMKG Pusat, yang begitu perhatiannya kepada pemerintah daerah khususnya Gorontalo Utara, apalagi kita ini daerah rawan bencana,” ujar Sekda.

Sebagai alat pendeteksi lanjut Sekda, tentunya masyarakat sudah di warning terlebih dahulu. Alat pendeteksi tersebut, akan mentransformasikan dan menyebar luaskan ke masyarakat, informasi agar dapat meminimalisir dampak dari bencana atau gempa.

Alat tersebut lanjut Sekda lagi, akan segera dipasang setelah pemerintah daerah menjawab surat kesiapan untuk menerima pemasangan alat tersebut.

Sementara itu, Kepala BMKG Stasiun Geofisika Gorontalo, Gandamana M mengatakan, alat tersebut sesegera mungkin minggu kedua bulan Juni 2021 ini sudah sampai di instalasi. (Prin/Adv)