BNNP Gorontalo Ringkus 5 Tersangka, 33 Paket Sabu Disita

BNNP Gorontalo Ringkus 5 Tersangka, 33 Paket Sabu Disita

23/04/2019 14:55 0 By Alex

narkoba gorontalo

Kepala BNNP Gorontalo, Oneng Subroto (tengah) saat menggelar konfrensi pers penangkapan 5 tersangka narkoba dari wilayah Sulteng.

Hulondalo.id – Peredaran narkoba masih terus merajalela di Gorontalo. Buktinya, baru-baru ini Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Gorontalo meringkus sedikitnya 5 tersangka dengan barang bukti 33 paket sabu seberat 21 gram.

“Untuk saat ini, status 5 tersangka ini diantaranya ialah ada pengedar, pengecer, bandar hingga pengguna,” ujar Kepala BNNP Gorontalo, Oneng Subroto pada konfrensi pers, Selasa (23/4/2019).

Penangkapan tersebut bermula dari informasi masyarakat pada 9 April 2019, bahwa ada transaksi narkoba di Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwato.

Anggota BNNP kemudian meluncur ke lokasi. Singkatnya, dari sini BNNP mengamankan 2 tersangka masing-masing berinsial TI dan TA di wilayah perbatasan Popayato-Parigi Moutong (Parimo). Disini, BNNP mengamankan 1 paket kecil berbentuk kristal bening yang diduga sabu-sabu.

Setelah diinterogasi, kedua tersangka mengaku bahwa barang tersebut didapatkan dari seseorang di Kecamatan Moutong, Parimo, Sulawesi Tengah. Anggota BNNP pun ke lokasi sesuai petunjuk dan berhasil mengamankan seorang tersangka berinisial A. Dari tangannya, BNNP mengantongi 2 paket sabu-sabu lagi, didapatkan lagi barang bukti sehingga total menjadi 33 paket dari tangan A.

Dari keterangan A, BNNP kemudian mendapatkan seorang tersangka lainnya berinisial PH. Sekitar pukul 04.00 Wita, anggota BNNP pun meluncur ke rumah PH. Namun sayang, yang bersangkutan tidak berada di tempat. Melainkan isteri dan anaknya dan seorang lelaki berinisial S.

BNNP pun kembali ke Gorontalo mengingat kondisi cukup rawan saat itu. Namun, pada saat Pemilu Serentak 17 April, PH secara kooperatif menyerahkan diri ke BNNP dimana saat itu anak dan isterinya sedang diinterogasi.

narkoba gorontalo

Sejumlah barang bukti narkoba berupa sabu-sabu dan sejumlah alat hisab dan turunannya yang disita BNNP Gorontalo dari 5 tersangka narkoba.

Kepala BNNP Gorontalo, Oneng Subroto mengatakan, total BNNP Gorontalo mengamankan 5 tersangka berinisial TI, TA, A, PH dan S dan menyita sedikitnya 33 paket sabu seberat 21 gram. Mereka berstatus pengedar, pengecer, bandar hingga pengguna.

Ditambahkan Oneng, berdasarkan keterangan para tersangka diketahui bahwa barang haram tersebut diperoleh dari wilayah Palu melalui kurir yang kemudian akan diedarkan dan diperjualbelikan.

“Aktivitas kelompok ini sudah berlangsung sejak tahun lalu,” tambah jenderal polisi bintang satu ini.(tri)