BNNP: Orangtua Harus Jadi Teladan dalam Keluarga

BNNP: Orangtua Harus Jadi Teladan dalam Keluarga

11/11/2019 15:53 0 By Alex

kegiatan pembinaan Gubernur Gorontalo, Kapolda Gorontalo dan Danrem 133/Nani Wartabone di SMA Negeri 1 Gorontalo, Senin (11/11/2019). Kabid P2M BNNP Gorontalo Muchars Daud (paling kanan) juga ikut memberikan pembinaan kepada para siswa dan orang tua.

Hulondalo.id – Kebiasaan orangtua yang kurang baik tentu saja akan berdampak negatif pada tumbuh kembang anak. Kebiasaan yang kurang baik itu diantaranya merokok, minuman keras (miras) hingga narkoba.

“Sudah seharusnya orangtua menjadi teladan dalam keluarga,” begitu kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M), Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Gorontalo, Muchars Daud pada kegiatan pembinaan Gubernur Gorontalo, Kapolda Gorontalo dan Danrem 133/Nani Wartabone di SMA Negeri 1 Gorontalo, Senin (11/11/2019).

Di sisi lain, tugas dan tanggung jawab guru sudah semakin kompleks, karena tugas dan peran mendidik, apalagi terkesan keras, terkadang mendapat penolakan dari orangtua. Padahal, tambah Muchars, cara seperti itu menjadi kebaikan anak yang bersangkutan.

“Olehnya, untuk menghindari perilaku anak-anak dan orangtua yang tidak bijaksana, maka harus ada perjanjian atau pernyataan dari para orangtua utuk mengawasi anak dan bersedia menerima sanksi jika anak membuat pelanggaran di sekolah, seperti dikeluarkan dari sekolah,” kata Muchars di hadapan ribuan siswa, guru dan orangtua.

Jika tidak demikian, bukan tidak mungkin anak-anak yang menjadi generasi penerus bakal terjerumus pada lembah hitam pergaulan, seperti narkoba. Karena sejatinya, menurut Muchars, tidak ada faktor tunggal penyalahgunaan narkoba.

“Ada beberapa faktor, yakni ingin bersenang-senang, keiginan untuk mencoba karena penasaran, mendapat tekanan dari komunitas atau kelompoknya, dan ingin diterima pada kelompok pertemanan,” tandas Muchars.(adv/alex)