BNPB Lirik Gorontalo Bangun Gudang Logistik Bencana Alam untuk Sulawesi

BNPB Lirik Gorontalo Bangun Gudang Logistik Bencana Alam untuk Sulawesi

24/06/2021 21:45 0 By Alex

gudang logistik bencana alam

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat bertemu dengan Kepala BNPB Ganip Warsito di Jakarta, Kamis (24/6/2021).

Hulondalo.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tengah mempertimbangkan Gorontalo sebagai lokasi untuk pembangunan gudang logistik bencana alam untuk wilayah Sulawesi.

Saat ini, BNPB setidaknya akan menyiapkan 7 gudang logistik bencana alam di seluruh Indonesia. Dari gudang tersebut, akan dimobilisasi bantuan bencana ke daerah lain yang sedang terjadi bencana alam.

Kepala BNPB, Letjen TNI Ganip Warsito mengungkapkan keinginannya itu saat bertemu Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di Jakarta, Kamis (24/6/2021).

Gorontalo dilirik BNPB mengingat jaraknya cukup berdekatan dengan provinsi lainnya. Kepada Rusli, Ganip pun meminta Pemprov Gorontalo menyiapkan lahan setidaknya 5 Hektar untuk membangun gudang logistik bencana alam ini.

“Jadi di gudang logistik bencana alam ini, semua bantuan disimpan di situ. Agar sewaktu-waktu bisa dimobilisasi ke daerah bencana,” ucap Gubernur Rusli Habibie usai pertemuan itu.

Pada pertemuan itu pula, Pemprov Gorontalo mengajukan proposal bantuan operasional penanganan bencana alam di Gorontalo. Di antaranya bantuan mobil rescue dan logistik lainnya.

“Ada juga proposal dari Dinas Kesehatan untuk penambahan vaksin 2.000 vial, alat rapid antigen 25.000 test dan kit untuk uji PCR,” sambung Rusli.

Pertemuan itu berlangsung sangat positif. Bagaimana tidak, antara Ganip Warsito dan Rusli Habibie merupakan sahabat lama saat keduanya bekerjasama ketika Ganip masih menjadi Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam Merdeka) XIII di Manado, Sulawesi Utara.(adv/alex)