Boalemo Berlakukan Bukti Lulus Uji Kendaraan Berbasis Elektronik

Boalemo Berlakukan Bukti Lulus Uji Kendaraan Berbasis Elektronik

10/03/2021 15:28 0 By Yadin

Dinas Perkimhubtan menggelar launching pengujian kendaraan bermotor secara elektronik (E-Blue), Rabu (10/3/2021). (istimewa)

Hulondalo.id – Pemerintah Kabupaten Boalemo melalui Dinas Perkimhubtan menggelar launching pengujian kendaraan bermotor secara elektronik (E-Blue), Rabu (10/3/2021).

Selaku pemerintah daerah, Sekretaris Daerah, Sherman Moridu menyampaikan rasa terima kasih dan bangga atas kegiatan pemberlakuan bukti lulus uji secara elektronik.

“Alhamdulillah, kita pada hari ini tidak termasuk pada kabupaten yang terakhir. Andaikan kita masuk kabupaten yang terakhir, berarti catatan merah bagi kabid perhubungan,” ungkapnya.

Menurut Sherman, bukti lulus uji berbasis elektronik merupakan terobosan dalam rangka mengganti bukti uji manual yang dilakukan melalui proses uji E-Blue bagi pemilik kendaraan.

“Dengan adanya pengujian secara elektronik, dan terintegrasi dengan Kementerian Perhubungan. Kami mohon agar tim penguji ini agar benar-benar profesionalisme, sebab ketika bermuara pada persoalan hukum, maka kompetensi dan kapabilitas dari tim penguji ini yang akan menentukan, karena ini sudah elektronik, terpadu dan terintegrasi,” terang Sekda.

Oleh karena itu, Sherman menjelaskan, data bukti uji kendaraan yang dihasilkan sesuai prosedur berbasis elektronik dan memuat seluruh data-data kendaraan, sebagai persyaratan bahwa kendaraan tersebut benar-benar lulus uji yang dilengkapi dengan barkode kendaraan.

“Pemberian barkode kendaraan ini, akan memudahkan petugas di lapangan. Sehingga para petugas melalui aplikasi bisa mendeteksi apakah kendaraan tersebut bisa layak digunakan atau tidak,” tambahnya.

Terakhir, Panglima ASN Boalemo ini berharap kedepan akan terbentuknya kemandirian perhubungan dan akan lahir lagi inovasi-inovasi dari dinas perkimhubtan, termasuk layanan angkutan cerdas sekolah.

“Salah satu visi dari pemerintahan damai adalah, mewujudkan pemerintahan yang damai, cerdas, sejahtra dalam suasana religius,” tandas Sherman Moridu. (Mg-03/adv)