Boalemo Miliki Alat Deteksi Dini Gempa Bumi dan Tsunami

Boalemo Miliki Alat Deteksi Dini Gempa Bumi dan Tsunami

26/07/2021 21:00 0 By Syakir

Kalak BPBD Boalemo, Ir. Mans Mopangga menunjukkan bantuan alat pendeteksi gempa bumi dan tsunami

Hulondalo.id – Baru-baru ini BPBD Boalemo mendapatkan bantuan alat pendeteksi dini gempa bumi dan tsunami dari pemerintah pusat. Bantuan itu dikenal dengan Ina TEWS (Indonesian Tsunami Early Warning System).

Kelak BPBD Boalemo, Ir. Mans Mopangga menerangkan, alat tersebut diperoleh dari bantuan pemerintah pusat melalui Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG).

“Bantuannya terbilang canggih karena dibekali perangkat Warning Receiver System atau sistem penerima peringatan dini untuk informasi gempa bumi dan tsunami,” beber Mans Mopangga.

Lanjut dia menjelaskan, alat pendeteksi dini gempa bumi dan tsunami tersebut terkoneksi langsung dengan BMKG pusat. Sehingga setiap terjadi gempa di daerah-daerah otomatis akan terekam dan terdeteksi secepatnya bersamaan informasi episntrum dan magnitudo.

“Begitu ada gempa terjadi di wilayah Kabupaten Boalemo misalnya, maka dalam hitungan menit informasinya segera kami umumkan kepada publik. Jadi, segala kemungkinan yang terdeteksi bisa secepatnya diketahui,” tutur mantan Kadis Kominfo Boalemo ini.

Terakhir Mans menyampaikan, bantuan alat Ina NEWS ini tak semua diperoleh daerah-daerah. Untuk Kabupaten Boalemo sendiri berkat penilaian dan penghargaan pusat karena termasuk daerah memiliki garis pantai yang cukup luas.(adv)