Boalemo Serius Kembangkan Wisata Pantai Kota Ratu, Ini Janji Wagub

13/06/2019 01:07 0 By Alex

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim saat memberikan sambutannya saat berada di lokasi wisata pantai Kota Ratu, Boalemo, Rabu (12/6/2019)

Hulondalo.id – Pemkab Boalemo secara resmi memperkenalkan wisata pantai Kota Ratu yang berada di Desa Tinelo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Rabu (12/6/2019). Rencananya, destinasi wisata ini akan dikelola berbasis ekonomi kerakyatan.

Menurut Bupati Boalemo Darwis Moridu, pengelolaan wisata Pantai Ratu akan diserahkan sepenuhnya kepada Badan Usaha Desa setempat. Warga setempat diberi kesempatan yang luas untuk dapat membuka berbagai usaha yang mendukung aktivitas wisatawan, seperti usaha kuliner, suvenir, dan transportasi.

Langkah tersebut dilakukan agar warga di sekitar destinasi wisata Pantai Kota Ratu bisa memperoleh pendapatan dan meningkat kesejahteraannya, kata Darwis.

“Dengan demikian, warga akan merasa memiliki destinasi wisata ini sehingga bisa menjaga kebersihannya, keamanan, dan kenyamanan setiap wisatawan yang berkunjung,” terang Bupati Darwis Moridu.

Sementara itu, Wakil Gubernur Idris Rahim berjanji akan membantu pengembangan destinasi wisata pantai Kota Ratu karena sudah sejalan dengan salah satu program unggulan Pemerintah Provinsi Gorontalo, yakni pariwisata yang mendunia.

“Saya minta Pemkab Boalemo duduk bersama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo untuk pengembangan Pantai Kota Ratu yang lebih paripurna. Destinasi wisata ini tidak hanya milik Kabupaten Boalemo, tetapi juga milik Provinsi Gorontalo. Olehnya, menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mengembangkannya,” jelas Wakil Gubernur Idris Rahim.

Sebelumnya, destinasi wisata Pantai Kota Ratu sudah dibuka sejak Februari 2019. Destinasi ini menyajikan wisata pantai yang berpasir putih halus dan keindahan perbukitan yang mengitarinya. Berbagai sarana penunjang wisata lainnya juga terus dibenahi dan dibangun oleh pemerintah desa setempat.

Di bibir pantai saat ini sudah berdiri cottage atau pondok-pondok kecil yang dihubungkan dengan jembatan kayu yang menjadi spot foto bagi para pengunjung. Wakil Gubernur Idris Rahim bahkan menyebut, pantai Kota Ratu merupakan sekeping surga yang jatuh di Boalemo.(usman)