Boleh Buka Sekolah saat PPKM, Asalkan Siswanya sudah Divaksin

Boleh Buka Sekolah saat PPKM, Asalkan Siswanya sudah Divaksin

25/08/2021 21:39 0 By Syakir

Hulondalo.id – Hingga kini masih keinginan belajar tatap muka di sekolah masih jadi perdebatan. Eskalasi kasus covid-19 di Provinsi Gorontalo yang masih tergolong tinggi, diangap bisa membahayakan siswa, walaupun ada solusinya.

Beberapa daerah salah satunya Kabupaten Gorontalo sudah berniat kembali membuka sekolah pada awal September nanti. Namun ada juga daerah yang masih ragu ragu.

Menurut Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Yana Yanti Suleman, melakukan sekolah tatap muka di tengah PPKM level 3, itu dibolehkan berdasar Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri. Yakni, Menteri dalam negeri, Menteri Pendidikan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan.

Kendati demikian, dr. Yana terkait kembali dibukanya sekolah, hingga kini Dikbudpora Provinsi Gorontalo masih belum menentukan sikap. PPKM Level 3 hingga lonjakan kasus covid-19 jadi alasan mereka.

“Sebab, membuka sekolah pada eskalasi sangat tinggi itu beresiko bagi siswa yang akan melakukan pembelajaran tatap muka (PTM),” imbuhnya.

Solusinya kata dr. Yana adalah vaksinasi untuk anak usia 12 hingga 17 tahun, termasuk para siswa. Jika vaksinasi tercapai, pembelajaran tatap muka sudah bisa dimulai dengan catatan, satu ruangan hanya boleh diisi 50 persen, dan pemberlakukan protokol kesehatan.

Terkait vaksinasi bagi para siswa usia 12 hingga 17 tahun, dalam waktu dekat, kapal perang milik TNI Angkatan Laut akan bersandar di Gorontalo, dengan kapasitas angkut penumpang sampai 2000 orang. Rencananya untuk merangsang minat para siswa, mereka akan dibolehkan naik ke kapal itu yang juga akan menjadi tempat untuk vaksinasi. (*)