Boleh Ditanda Tangani Pimpinan Sementara, APBDP Bonbol Disahkan Pekan Ini

11/09/2019 19:03 0 By Maman

Wakil Ketua DPRD Bone Bolango Azan Piola.

Hulonalo.id- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bone Bolango, pekan ini akan menetapkan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) tahun 2019.

Percepatan ini menyusul diperbolehkannya penandatanganan dokumen APBD oleh Pimpinan DPRD Sementara, melalui surat edaran Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

“Kita sedikit lega setelah muncul surat edaran kedua dari Mendagri yang intinya membolehkan pimpinan sementara untuk melegitimasi dokumen APBD,” ujar Wakil Ketua DPRD Bonebol Azan Piola, saat diwawancarai awak hulondalo.id, Senin (8/9/2019).

Meski begitu, pada proses pengesahan dan penetapan APBD Perubahan nanti, DPRD Bone Bolango kata Azan, akan melakukan peninjauan akhir dokumen usai dievaluasi di tingkat provinsi. Kebijakan ini sengaja dipercepat, berhubung munculnya sejumlah pembiayaan publik yang mesti segera terealisasi.

Azan Piola juga menyebutkan bahwa, pada edaran Mendagri yang pertama, tidak memuat kebolehan pimpinan DPRD sementara untuk mengeluarkan kebijakan yang berimbas pada pembebanan anggaran daerah. Sehingga, jika dihitung interval waktu ditetapkannya SK pimpinan definitif dari Gubernur Gorontalo dengan kebutuhan belanja daerah sudah sangat mepet.

“Ini sudah masuk akhir tahun,” kata Azan Piola.

Ditekennya APBDP Bonbol dengan cepat, sejumlah belanja daerah dipastikan terealisasi di bulan ini juga. Seperti anggaran beasiswa untuk para siswa, anggaran Pilkada 2020 yang sebagian tahapan sudah mulai dilaksanakan pada Oktober, serta beberapa pembiayaan lainnya yang dianggap urgen untuk segera direalisasikan. (John)

loading...