Bonebol Terapkan PSBB ‘Abaikan’ Pergub, Pedro: Motifnya Apa?

Bonebol Terapkan PSBB ‘Abaikan’ Pergub, Pedro: Motifnya Apa?

06/05/2020 14:25 0 By Jeffry

Wakil Ketua DPRD Bone Bolango Zainudin Pedro Bau.

Hulondalo.id – Wakil Ketua DPRD Bone Bolango Zainudin Pedro Bau mengecam dan menyesalkan statemen Sekda Kabupaten Bone Bolango Ishak Ntoma yang tidak konsisten dan seiring dengan Peraturan Gubernur (PERGUB) Provinsi Gorontalo atas Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Saya meminta kepada pak Sekda untuk jangan membuat kegaduhan dan nambah nambah urusan dalam situasi seperti ini,” kata pria yang akrab disapa ZPB ini, Rabu (6/5/2020).

Dia menyebut, dalam proses penyusunan PSBB ini, Pemerintah Provinsi telah bersama sama membahas dan melibatkan seluruh kabupaten/kota, termasuk pemerintah Kabupaten Bone Bolango.

“Nah, kenapa materi dalam PSBB yang dikomentari oleh pak Sekda di media tidak menjadi catatan Pemkab Bone Bolango dalam forum pembahasan PSBB beberapa waktu yang lalu, ini motifnya apa..?,” ungkap Pedro sembari bertanya-tanya.

Menurutnya ini terasa aneh, jika teknis penerapan PSBB di Bone Bolango berbeda dengan teknis PSBB Yang tertuang dalam Pergub.

“Saya tidak habis pikir, di saat semua pihak turun mensosialisasikan dan meminta seluruh masyarakat untuk bersikap “Sami’na wa Atha’na” terhadap Pergub PSBB ini. Ehh, disisi lain Pemda Bone Bolango membuat sensasi yang justru membingungkan dan membuat panik masyarakat,” tutur Pedro.

“Kita semua tau bahwa pemerintah tidak mungkin berbuat segalanya tapi jangan donk cenderung mencari pembenaran sendiri dan mengabaikan Pemerintah Provinsi sebagai bagian dari otoritas negara,” sesal Pedro.

Olehnya, dirinya pun meminta kepada Gubernur Gorontalo yang berkedudukan ganda sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, kepala daerah otonom, dan kepala daerah provinsi untuk mengunakan kewenangan sesuai UU No 23 Tahun 2014 dan PP Nomor 33 Tahun 2018 tentang pelaksanaan tugas dan wewenang gubernur sebagai wakil pemerintah pusat.

“Yang jelas berikan sanksi bagi daerah yang tidak seiring, sejalan dan mengamankan Pergub PSBB,” tegas mantan Advokad Ini. (Jeff/Adv)