BPBLP Gorontalo Sudah Produksi 3,8 Juta Bibit Udang Vaname Tahun Ini

BPBLP Gorontalo Sudah Produksi 3,8 Juta Bibit Udang Vaname Tahun Ini

24/06/2021 20:15 0 By Alex

Udang Vaname

Kepala UPTD BPBLP DKP Provinsi Gorontalo, Rahman Sahabudin saat menunjukkan benih udang vaname kepada Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Kamis (24/6/2021). (F. Haris)

Hulondalo.id – Balai Perikanan Budidaya Laut dan Payau (BPBLP), yang merupakan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Gorontalo, menjadi sentra budidaya udang vaname.

Hingga bulan Juni 2021, BPBLP setidaknya sudah memproduksi 3.893.000 ekor bibit udang vaname. Sementara sepanjang tahun 2020 lalu, BPBLP berhasil memproduksi sedikitnya 5.438.334 ekor bibit udang vaname.

Di Gorontalo sendiri memiliki 16.713 hektar tambak udang dalam bentuk kawasan. Tambak itu berada di 3 daerah, yakni Kabupaten Boalemo, Pohuwato dan Gorontalo Utara.

Untuk menggenjot produksi bibit udang vaname ini, Pemerintah Provinsi Gorontalo pun telah mengalokasikan anggaran senilai Rp 1,6 Miliar untuk pengembangan sektor perikanan budidaya, khususnya di UPTD BPBLP Gorontalo ini.

Itu untuk pekerjaan rehabilitasi bak pendederan, rehabilitasi tambak pembesaran calon induk, serta pembangunan saluran pasok.

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim pun menyebut, pengembangan infrastruktur ini bertujuan untuk meningkatkan produksi perikanan di Provinsi Gorontalo.

“Infrastruktur ini juga nantinya tidak lain untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, khususnya nelayan,” kata Idris saat meninjau BPBLP, Kamis (24/6/2021).(adv/alex)