BPNT di Desa Tawing Ikuti Pedum, E-Warong Terapkan Sistem Pre order Bagi KPM

BPNT di Desa Tawing Ikuti Pedum, E-Warong Terapkan Sistem Pre order Bagi KPM

14/08/2020 15:27 0 By Maman

Salah seorang KPM di Desa Tawing Kecamatan Gondang, sedang mencatat komoditas untuk penyaluran bulan berikutnya. (foto:istimewa)

Hulondalo.id (Tulungagung) – Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Tawing Kecamatan Gondang Tulungagung, mengikuti aturan sebagaimana yang tertuang dalam Pedoman Umum (Pedum). Sistem pre order diterapkan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Pre Order ini kata Kepala Desa Tawing, Nanang Setiawan, sudah diterapkan sebelum kedatangan Tim dari Kementerian Sosial RI, atau sejak pencairan bulan lalu.

“Sistem pre order atau memberi kebebasan pada KPM untuk memilih komoditas barang yang diperlukan, tapi belum teradministrasi dengan baik,” kata Kepala Desa Tawing, Nanang Setiawan di kantornya Jum’at (14/08/2020).

Langkah ini dia terapkan, bukan karena kedatangan tim Kementerian Sosial RI. Namun, lantaran mempelajari Pedum dan koordinasi dengan Timkor Kecamatan Gondang.

Sementara itu, pemilik salah satu Agen E-Warung Desa Tawing, Rohmatul Hidayah membenarkan adanya penerapan sistem pre order tersebut. Hanya saja kata Rohmatul, masih banyak KPM yang bingung, tidak memilih komoditas dan menuruti barang yang sudah disediakan oleh E-Warong.

“Banyak pilihan yang kita tawarkan, selain beras dan telur, ada kacang-kacangan, berbagai macam ikan, dan buah-buahan,” jelasnya.

Rohmatul mengakui untuk Kecamatan Gondang, permintaan komoditas ikan sangat sedikit karena daerah tersebut merupakan daerah pembudidaya ikan air tawar seperti lele, gurameh, patin. Mayoritas KPM yang dilayaninya, memilih buah dan kacang.

Ditempat yang sama, salah seorang KPM Desa Tawing, Sumini mengatakan, memang ada kebebasan baginya memilih komoditas barang untuk pencairan bulan berikutnya.

Sebelumnya juga dalam acara Sosialiasi dan Koordinasi Penyaluran BPNT di Tulungagung, sistem ini disampaikan Kepala Sub Direktorat Bantuan Stimulan Sosial dan Penataan Lingkungan Direktorat Pelayanan Fakir Miskin Wilayah III, Mangara Simanjuntak.

“E-Warong bertugas sebagai penyalur pesanan KPM, dan harus ada pre order atau order dahulu dan persetujuan dari KPM,” ungkapnya. (MO)