BPOM Gorontalo Sita Kosmetik Ilegal Senilai Rp 245 Juta

BPOM Gorontalo Sita Kosmetik Ilegal Senilai Rp 245 Juta

10/12/2018 13:24 0 By Alex

Kepala BPOM Gorontalo, Yudy Noviandi pada jumpa pers di kantornya. Sedikitnya ada 250 jenis produk kosmetik ilegal senilai Rp 245 Juta disita BPOM Gorontalo dalam operasi selama 2 pekan terakhir.

Hulondalo.id – Masyarakat Gorontalo yang doyan belanja kosmetik via online harus lebih berhati-hati lagi dalam memilih produk. Pastikan dulu bahwa produk tersebut ada izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Nah, belum lama ini BPOM Gorontalo menyita sedikitnya 250 jenis produk kosmetik ilegal senilai Rp 245 Juta. Barang-barang yang tak memiliki izin edar dari BPOM tersebut terdapat di 18 sarana baik toko modern, toko kosmetik maupun penjualan online.

“Tapi yang paling besar yang kita sita kali ini adalah penjualan via online,” ujar Kepala BPOM Gorontalo, Yudy Noviandi pada jumpa pers di kantornya, Senin (10/12/2018).

Salah satu penjualan online terbesar yang disita oleh BPOM selama dua pekan operasi bersama lintas sektor ini adalah pemilik akun facebook “Habi_Olshop”. Kata Yudy, pemilik akun tersebut berdomisili di Kabupaten Bone Bolango.

Sementara pemilik kosmetik ilegal masih akan dipanggil lagi untuk dimintai keterangannya. Namun dari interogasi sementara, barang-barang kosmetik tersebut dipesannya dari wilayah Jawa, “Yang bersangkutan mendapatkan barang-barang ini dibelinya secara online juga,” tambah Yudy.

Adakah produk kosmetik yang anda beli dari pajangan di BPOM Gorontalo ini ?

Adapun untuk sementara, sanksi yang bakal diterima oleh penjual kosmetik ilegal ini berupa sanksi administratif. Adapun jika dari hasil pemeriksaan nanti melanggar UU Kesehatan, maka tentu saja akan dijerat dengan sanksi pidana.

Terakhir, BPOM menghimbau kepada seluruh masyarakat Gorontalo agar berhati-hati dalam memilih kosmetik dengan mengecek izin edarnya dari BPOM. Selain itu, produk yang beredar di Indonesia sejatinya harus memiliki aksara Bahasa Indonesia.

Beberapa contoh kosmetik ilegal yang disita BPOM Gorontalo.

“Semua barang yang beredar di Indonesia harus terjamin dengan izin BPOM. Kalau barangnya kebanyakan berbahasa asing, berhati-hatilah dan konsultasikan dengan kami,” pungkas Yudy.(hl/alex)