BPOM Ungkap Penyebab Keracunan 110 Warga Binaan Lapas Gorontalo

BPOM Ungkap Penyebab Keracunan 110 Warga Binaan Lapas Gorontalo

17/05/2021 14:33 0 By Alex

BPOM Gorontalo

BPOM Gorontalo

Hulondalo.id – Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Gorontalo masih terus mendalami penyebab keracunan 110 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Gorontalo saat buka puasa bersama, beberapa waktu lalu.

Kepala BPOM Gorontalo, Agus Yudi Prayudana menyebut, peristiwa keracunan itu diduga kuat karena faktor higienitas pada makanan yang dikonsumsi.

“Sampai sekarang, kami masih terus berusaha mendalami, mempertajam, mikrobiologi apa yang menyebabkan keracunan ini. Tapi kecurigaan kami adalah keracunan diduga karena faktor kebersihan yang tidak dijaga,” kata Agus, Senin (17/5/2021).

Sebelumnya, BPOM Gorontalo telah melakukan uji sampel bubur yang dikonsumsi warga binaan Lapas Gorontalo itu. Uji sampel itu dilakukan melalui uji kimia dan uji mikrobiologi.

Untuk uji kimia, kata Agus, baik kandungan logam berat hingga sianida dipastikan negatif.

“Artinya, keracunan ini bukan karena faktor cemaran kimia,” sambung Agus.

Sementara berdasarkan hasil uji mikrobiologi, lanjut dia, baik bacillus dan staphilococcus juga masih negatif. Sehingga BPOM Gorontalo menduga penyebab keracunan menjurus ke parameter mikrobiologi dan saat ini sedang didalami bakteri lain yang kemungkinan menjadi penyebabnya.

“Kami masih terus menggali dan menginvestigasi, apakah E Coli (E. Coli Strain) salah satu penyebab keracunan tersebut,” ujar mantan Kasi Pengujian Mikrobiologi BBPOM Banjarmasin itu.

Meski demikian, BPOM Gorontalo tetap menduga keracunan terjadi karena faktor higienitas atau kebersihan. Karena belajar dari kasus-kasus keracunan sebelumnya yang ditangani BPOM, faktor itulah menjadi penyebab paling umum.

“Jadi kami fokus pada penyebab dari unsur-unsur mikrobilogi dari pencemaran-pencemaran kuman,” tandasnya.(Inki)