BRI Syariah, BNI Syariah dan BSM akan Dimerger Erick Thohir

BRI Syariah, BNI Syariah dan BSM akan Dimerger Erick Thohir

13/10/2020 13:56 0 By Alex

merger bank syariah

Foto dokumentasi penukaran riyal Arab Saudi di Bank Syariah Mandiri cabang Gorontalo. (f. dok Alex).

Hulondalo.id – Menteri BUMN Erick Thohir berinisiatif akan menggabungkan (merger) 3 bank syariah. Rencana tersebut disebut akan menjadi sejarah baru bagi industri perbankan syariah di Indonesia.

Adapun 3 bank syariah yang akan dimerger itu di antaranya, BRI Syariah, BNI Syariah dan Bank Syariah Mandiri (BSM).

“Dengan bergabungnya rekan-rekan semua menjadi dalam satu bank, satu keluarga Insya Allah Indonesia akan memiliki bank syariah terbesar,” ujar Eric Thohir, dikutip dari detikcom, Selasa (13/10/2020).

Dikatakan Erick, Indonesia dengan populasi umat muslim terbesar di dunia seharusnya memiliki menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah terbesar di dunia. Olehnya, Indonesia harus memiliki bank syariah yang kuat.

“Untuk mewujudkan mimpi itu kita harus bersatu bahu-membahu, ta’awun dan saling menguatkan,” sambung eks bos Inter Milan itu.

Erick juga menargetkan, merger bank syariah yang tergabung dalam himpunan bank-bank milik negara (himbara) itu akan terwujud pada Tahun 2021 mendatang.

Rencana merger itu akan menjadikan bank syariah terbesar di Indonesia dengan total aset berkisar Rp 245,87 Triliun.

Dilansir dari kompas.com, aset BRI Syariah hingga Juni 2020 mencapai Rp 49,6 Triliun. Kemudian BNI Syariah Rp 50,78 Triliun dan BSM sebesar Rp 114,4 Triliun.

Ada juga Unit Usaha Syariah (USS) BTN dengan aset Rp 31,09 Triliun.(Alex)