Bu Idah Harap Pelaku IKM-UMKM Gorontalo Rekrut Pekerja Difabel

Bu Idah Harap Pelaku IKM-UMKM Gorontalo Rekrut Pekerja Difabel

04/03/2021 13:12 0 By Alex

Idah Syahidah

Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo Idah Syahidah saat meninjau beberapa stand UMKM karawo yang ditampilkan pada kegiatan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia, Rabu (3/3/2021). (F.Adlan)

Hulondalo.id – Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Gorontalo terus berkembang.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah pun berharap agar para pelaku IKM maupun UMKM dapat mempekerjakan kaum difabel.

“Misalnya pemilik UMKM akan merekrut 10 pekerja, rekrutlah satu dari disabilitas. Baik mereka tuna rungu, tuna wicara, tuli dan sebagainya,” pinta Idah saat membuka kegiatan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia, Rabu (3/3/2021).

“Mereka semua juga hebat. Ini juga agar mereka punya kesempatan yang sama untuk bekerja seperti kita semua,” sambung Anggota DPR RI itu.

Idah mengakui jika pelaku UMKM termasuk di Gorontalo mampu bertahan meski di tengah pandemi Covid-19. Hal itu berdasarkan hasil pantauan langsung ke sejumlah UMKM di Gorontalo di mana mereka terus berproduksi.

“ini lagi pandemi membuat semua aset serba terbatas. Namun spirit dan kreativitas para pelaku UMKM tetap terus bergelora. Bahkan hasil kunjungan saya, banyak pesanan dan orderan di beberapa UMKM lewat online dan itu tidak sedikit,” kata Idah.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo itu berharap masyarakat Gorontalo juga bisa membantu para pelaku UMKM dengan cara membeli produk produksi lokal daripada produk dari luar atau produk asing.

“Ayo kita belanja dari UMKM Gorontalo, ayo belanja hasil kerajinan tangan daerah sendiri,” tandasnya.(adv/alex)