Buka Bimtek SPIP, Indra: Pengawasan Internal Penting Sebelum Eksternal Masuk

Buka Bimtek SPIP, Indra: Pengawasan Internal Penting Sebelum Eksternal Masuk

02/08/2021 22:40 0 By Maman

Bimtek SPIP Gorontalo Utara

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin saat Bimtek Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) terintegrasi dilingkungan Pemda Kabupaten Gorontalo Utara Tahun 2021. (foto:hms)

Hulondalo.id – Pengawasan internal menurut Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, sangat penting sebelum yang eksternal masuk. Pimpinan OPD kata dia, punya peran penting untuk mengendalikan secara internal dalam pengawasan.

“Saya sampaikan bahwa, pengawasan internal sangat penting, sebelum yang eksternal masuk,” kata Bupati usai membuka Bimtek Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) terintegrasi dilingkungan Pemkab Gorontalo Utara Tahun 2021, di Grand Q Hotel Kota Gorontalo, Senin (2/8/2021).

Pimpinan OPD lanjut Bupati, punya peran penting untuk mengendalikan secara internal kedalam. Sebab itu kata Bupati, harus ada pengawasan melekat kepada bawahannya dan pimpinan OPD harus bisa mengendalikannya.

Yang pertama kata Bupati, laporan keuangan sangat penting karena keuangan sangat sensitif. Dalam pengelolaannya baik penerimaan maupun pengeluaran harus detail dan harus ada datanya.

Berikutnya lanjut Bupati, aset yang ada disetiap OPD, harus terdata dengan baik. Jika tidak, itu salah satu celah mengenai kekayaan daerah, karena aset itu masuk kekayaan daerah.

“Dia harus tercatat dengan baik dan terpelihara pada setiap dinas badan,” ujarnya.

Bupati juga meminta kepada seluruh pimpinan OPD, selalu mengikuti aturan dengan baik. Jangan kata Bupati, masalah keuangan dan aset dilakukan, namun tidak melihat ketentuan dengan jelas, juga bertentangan.

“Tiga hal ini yang saya minta kepada pimpinan OPD, dalam hal untuk peningkatan daerah untuk naik ke level 4 atau 3,” ujar Bupati.

Pengawasan yang secara intern dan terus menerus dari pimpinan kepada bawahannya, dan bawahannya juga selalu berkoordinasi dengan baik tidak saja kebawah, namun juga keatas sampai kepada pimpinan daerah dan itu yang diharapkan.

“Terima kasih kepada BPKP yang selama ini memberikan masukan termasuk pada bimtek pada hari ini,” imbuhnya.

“Jika tiga hal itu dikuasai dan dipermantap, maka pemeriksaan kedepan pasti tidak akan terlalu sulit karena sudah memiliki dasar-dasar, termasuk penguatan melalui bimtek oleh BPKP Provinsi Gorontalo,” pungkas Bupati. (Prin/Adv)