Bukan Gubernur, Kewenangan Berhentikan Darem Adalah Mendagri

Bukan Gubernur, Kewenangan Berhentikan Darem Adalah Mendagri

02/10/2020 23:21 0 By Syakir

Bupati Boalemo Darwis Moridu

Hulondalo.id – Salah jika kelompok ‘anti’ Darwis Moridu atau Darem beranggapan kewenangan memberhentikan Bupati Boalemo tersebut adalah Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Karena posisi Gubernur adalah keterwakilan pemerintah pusat di daerah, beliau hanya bisa meneruskan apa yang terjadi di daerahnya, termasuk persoalan yang menimpa Bupati Boalemo.

“Oh salah jika beranggapan kewenangan itu adalah gubernur. Pak Gubernur hanya meneruskan laporan ke Kemendagri apa yang terjadi dan itu sudah ditindaklanjuti dengan surat,” kata Karo Hukum Pemprov Ridwan Hemeto, kepada hulondalo.id.

Ridwan juga menyanggah penggunaan istilah non aktif, karena bahasa undang undang itu pemberhentian sementara. Jika dalam pasal 83 ayat 1 terpenuhi, maka dapat diberhentikan sementara.

“Soal diberhentikan atau tidak, itu kewenangan Mendagri. Gubernur sudah meneruskan, tapi kan hingga saat ini belum diberhentikan. Lebih lengkapnya tanyakan ke Biro Pemerintahan atau ke Kemendagri langsung pak,” urai Karo Hukum manandasi. (man)