Bukan Hanya Konsep, Vaksinasi Serentak di Kota Gorontalo Dimulai

Bukan Hanya Konsep, Vaksinasi Serentak di Kota Gorontalo Dimulai

12/08/2021 12:12 0 By Maman

Vaksinasi Serentak Walikota Marten

Walikota Gorontalo, Marten Taha memantau pelaksanaan vaksinasi serentak di Kota Gorontalo. (f.hms)

Hulondalo.id – Vaksinasi serentak mulai dilakukan Pemkot Gorontalo, Kamis (12/8/2021). Ini ide dan gagasan nyata, bukan hanya konsep dalam memutus mata rantai penularan covid-19 di Kota Gorontalo.

Walikota Gorontalo, Marten Taha mengatakan, konsep ini untuk menggempur Covid-19 dengan mendirikan gerai vaksinasi sesuai dengan jumlah masyarakat di setiap kecamatan. Contoh di Kelurahan Tenda yang memiliki 3.000 kepala keluarga.

“Sehari ini kita genjot posko vaksin di 5 titik, ini, untuk meningkatkan kuantitas masyarakat sekitar untuk di vaksinasi. Sehingga, masyarakat tersebut sudah sebanyak 80-90% divaksinasi maka akan terbentuk Herd Immunitynya,” ungkap Marten, Kamis (12/8/2021).

Dia menjelaskan, sudah bisa pastikan tingkat penurunan kasus covid-19 di wilayah tersebut. Gerai vaksinasi ini akan berpindah-pindah dari 1 kelurahan ke kelurahan lain, sama halnya saat ini di Kecamatan Hulonthalangi dan Kota Utara.

Pencanangan vaksinasi serentak ini juga kata Marten, didukung Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie untuk mempercepat capaian vaksinasi di Kota Gorontalo.

Ia menambahkan, saat ini kuncinya ada di masing-masing Lurah dan Camat, bagaimana menggerakkan RT/RW. Sebab, kesulitan saat ini menghadirkan masyarakat untuk di vaksin.

“Makanya peran camat, lurah, didukung oleh Babinsa, Babinkamtibmas dan juga Satpol dan yang sulit untuk dijangkau wajib dijemput Dinas Perhubungan naik bus, kemudian diantar pulang ke rumah masing-masing,” ujarnya.

Dengan strategi seperti ini, Marten berharap, semoga bisa mempercepat capaian vaksinasi di Kota Gorontalo dan target perhari 3.000 yang divaksin.

“Dan setiap kelurahan saya targetkan dari jumlah penduduk yang ada minimal 2 hari sudah harus diselesaikan oleh camat atau lurah, kalau tidak kita akan evaluasi lagi,” tegasnya. (Inkri/Adv/Hulondalo.id)