Bulango Raya Nikmati Layanan Air Bersih, Sekda: Iuran Jangan Terlalu Tinggi

Bulango Raya Nikmati Layanan Air Bersih, Sekda: Iuran Jangan Terlalu Tinggi

29/12/2020 20:27 0 By Maman

Sekda Ridwan Uji Fungsi Pamsimas

Sekda Gorontalo Utara, Ridwan Yasin saat melakukan uji fungsi Pamsimas 3 Desa Bulango Raya Tomilito. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Warga di Desa Bulango Raya Kecamatan Tomilito Gorontalo Utara, kini bisa menikmati layanan air bersih, melalui program Pamsimas 3. Iuran yang akan dikenakan kepada warga, diminta Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin, jangan terlalu tinggi.

“Paling tidak, iuran yang disetor oleh masyarakat, bisa membiayai operasional termasuk pemeliharaan,” kata Sekda usai melakukan uji fungsi Pamsimas 3 di Desa Bulango Raya Kecamatan Tomilito, Selasa (29/12/2020).

Iuran yang akan dibebankan kepada masyarakat kata Sekda juga, agar diatur melalui Peraturan Desa (Perdes). Kemudian disosialisasikan secara terbuka, agar antara masyarakat dan aparat nanti sama-sama memahami.

Dari iuran itu juga kata Sekda, agar infrastruktur air bersih ini tetap terjaga. Dengan begitu kata dia, masyarakat ikut menjaga akan fasilitas ini melalui iuran. Kedepan kata Sekda, sinergitas antara pengguna air bersih dengan pemerintah desa harus ada, demi keberlangsungan sarana Pamsimas itu.

Kini kata Sekda, hampir seluruh desa di Gorontalo Utara yang tersentuh oleh program Pamsimas, sudah melakukan uji fungsi dan semua berjalan dengan baik. Tahun 2021 mendatang, program yang sama akan ada lagi, dan diupayakan seluruh desa yang kesulitan air bersih segera tuntas.

“Desa yang sulit terjangkau dengan PUDAM, paling tepat menggunakan Pamsimas ini,” tandasnya. (Prin/Adv)