Bupati Darem Naik Turun Gedung Kementerian dan DPR RI, Ada Apa?

Bupati Darem Naik Turun Gedung Kementerian dan DPR RI, Ada Apa?

16/08/2020 14:48 0 By Editor

Bupati Boalemo Darwis Moridu bersama pimpinan DPRD Boalemo mengadakan dialog bersama Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel.(f.humas)

Hulondalo.id – Tak pernah lelah demi urusan kepentingan rakyat dan daerahnya. Bupati Boalemo Darwis Moridu rela turun naik tangga mendatangi sejumlah Kementerian dan gedung DPR RI selama di Jakarta pekan lalu.

Adapun kunjungan orang nomor satu di Boalemo memperjuangkan nasih anggaran pusat semula ditarik kembali lantaran pandemi Covid-19. Ya, anggaran dimaksud lebih dikenal sebagai refocusing.

Selain itu, pria akrab disapa Haji Darem ikut melobi program dan anggaran dari kementerian serta back up dari Badan Anggaran (Banggar) DPR RI. Walhasil, upaya perjuangan tersebut menuai respon penuh jajaran Kementrian dan DPR RI.

Hal itu diakui Bupati Boalemo Darwis Moridu ketika itu didampingi unsur Pimpinan DPRD Kabupaten Boalemo bersama tim kerjanya, Noldi Biya.

Saat itu, rombongan Bupati Darem lebih dulu menemui Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri pada Selasa (11/8/2020). Tujuannya untuk mempertanyakan kebijakan pengembalian refocusing anggaran tahun 2020 ke daerah.

“Alhamdulillah dari penjelasan Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri bahwa untuk anggaran refocusing tahun 2020 akan dikembalikan ke daerah pada tahun 2021 mendatang,” terang Bupati Darem melalui tim kerjanya, Noldi Biya.

Selanjutnya pada Rabu (12/8/2020), Bupati Darwis Moridu melanjutkan kunjungannya ke DPR RI. Ia pun menemui Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel bersama Ketua Banggar DPR RI yang juga dari Fraksi PDI-P, Moh. Said Abdullah dan anggota Banggar dari Fraksi PDI-P, Ridiyanto Ceng. Sepanjang pertemuan tersebut, Bupati Darem didampingi langsung Ketua DPRD Boalemo, Karyawan Eka Putra Noho.

“Setelah menyampaikan maksud dan tujuan dukungan pengembalian anggaran refocusing, Alhamdulillah tim Banggar DPR RI turut memberikan dukungan moril. Sehingga anggaran refocusing setelah ditarik ke pusat akan dikembalikan ke daerah, termasuk Kabupaten Boalemo di tahun 2021 nanti. Dengan begitu, porsi keuangan daerah Kabupaten Boalemo dipastikan naik di tahun mendatang,” tutur Bupati Darem.(Narto/adv)