Bupati Darem Seriusi Penanggulangan TBC

Bupati Darem Seriusi Penanggulangan TBC

21/03/2019 21:03 0 By Yadin

Plt Kadis Kesehatan Boalemo, Robert Pauweni.

Hulondalo.id – Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo telah mengeluarkan Peraturan Bupati Boalemo Nomor 16 Tahun 2019 Tentang penanggulangan TBC (tuberculosis). Ini sebagai bentuk komitmen dan kepedulian Bupati Darwis Moridu kepada rakyatnya.

Plt Kadis Kesehatan Boalemo Robert Pauweni mengatakan bahwa, saat ini Indonesia masih menghadapi tantangan besar dalam penanggulangan dan pengendalian TB. Meningkatnya kasus TB MDR, TB HIV, TB DM, TB pada anak, dan masyarakat rentan lainnya menjadi beban berat bagi program kesehatan masyarakat di Indonesia. WHO memperkirakan insiden tahun 2017 842 atau 319 per 100.000 pddk. Angka tersebut menekankan bahwa persoalan penanggulangan dan pengendalian TB di Indonesia sangat memerlukan upaya serius dan berkelanjutan.

Nah sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah, visi ”Kabupaten Yang Damai, Cerdas Dalam Suasana Yang Religius Tahun 2022″. Berangkat dari visi pembangunan tersebut ditetapkan 4 misi pembangunan yakni mewujudkan Kabupaten Boalemo yang damai, mewujudkan Kabupaten Boalemo yang cerdas, mewujudkan Kabupaten Boalemo yang sejahtera serta mewujudkan Kabupaten Boalemo dalam suasana religius.

Robert kemudian menjelaskan berdasarkan misi 1 RPJMD (rencana pembangunan jangka menengah daerah) Kabupaten Boalemo yaitu mewujukan Boalemo yang damai. Dan pada tujuan ke tiga dari misi ini yakni mewujudkan suasana kenyamanan atas pemenuhaan kebutuhan dasar masyarakat dengan sasaran meningkatnya derajat kesehatan masyarakat. Sehingganya dikeluarkan perbup tersebut.

“Ini  merupakan suatu keberpihakan dan kepedulian kepada masyarakat Boalemo yang sangat dicintai dan juga merupakan suatu prestasi bagi pemerintahan Damai dalam hal ini bapak bupati. Karena dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, Boalemo adalah Kabupaten ke 20 yang telah memiliki Perbub tentang penanggulangan TBC,” ungkap Robert.

Robert sangat optimis dapat memenuhi indikator SPM bidang kesehatan serta mencapai target pemerintah pusat. “Bersatu menuju Boalemo Bebas TBC 2030,” ujarnya.

Bupati Darwis sendiri mengimbau semua lintas sektor terkait agar mendukung program penanggulangan TBC menuju masyarakat Boalemo yang sehat dan sejahtera. (dhin)