Bupati Darwis Moridu Minta Genjot Partisipasi dan Kunjungan Posyandu

Bupati Darwis Moridu Minta Genjot Partisipasi dan Kunjungan Posyandu

21/09/2020 14:27 0 By Narto

Bupati Boalemo Darwis Moridu memberikan arahan saat penguatan Posyandu dengan Pemberdayaan Masyarakat dalam rangka penurunan angka stunting di Kabupaten Boalemo.(f.humas)

Hulondalo.id – Bupati Boalemo Darwis Moridu membuka orientasi penguatan posyandu dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka penurunan stunting. Kegiatan ini diselenggarakan Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Boalemo di Gedung Putra Tunggal, Tilamuta, Jumat (18/9/2020).

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Bumi Damai Bertasbih menegaskan bahwa keberadaan posyandu bukan saja tanggungjawab pemerintah daerah saja. Tetapi juga perlu melibatkan kepala desa, tim PKK desa bersama jajaran kesehatan dan elemen masyarakat setempat.

Sebagaimana ditegaskan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2018 bahwa Posyandu adalah wadah pemberdayaan masyarakat berbentuk lembaga kemasyarakatan desa atau kelurahan yang dikelola masyarakat bersama pemerintah desa. Tujuannya untuk memberikan kemudahan memperoleh pelayanan kesehatan kepada masyarakat luas.

“Dari hasil evaluasi di lapangan menunjukkan tingkat partisipasi masyarakat yang datang ke Posyandu mencapai 77 persen. Sedangkan Posyandu yang aktif hanya berkisar 46,6 persen dari jumlah 146 Posyandu di Kabupaten Boalemo,” beber Bupati Darwis Moridu.

Data ini lanjut dia, menunjukkan perlunya kerja keras semua pihak. Terutama pemerintah desa dan PKK tingkat desa agar tingkat partisipasi dan kunjungan ke Posyandu benar-benar meningkat sesuai harapan pemerintah daerah.

Bupati Boalemo Darwis Moridu bersama Ketua IDI Boalemo, Kadis Kesehatan dan jajaran Posyandu.(f.humas)

Kegiatan tersebut dihadiri pula Kadis Kesehatan Boalemo Sutriyani Lumula, Ketua IDI Boalemo, Roni Imran, para Kades, Pengurus PKK Kecamatan dan Desa serta petugas Posyandu.(Narto/adv)