Bupati Indra Minta Seluruh Desa Anggarkan Mesin Pemangkas & Jamban

Bupati Indra Minta Seluruh Desa Anggarkan Mesin Pemangkas & Jamban

26/10/2021 22:44 0 By Maman

Pelantikan Penjabat Desa Titidu

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin melantik Penjabat Kepala Desa Titidu, Suhartin Djafar. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, meminta seluruh Pemerintah Desa di Gorontalo Utara, menganggarkan mesin pemangkas kebersihan dan jamban keluarga dalam APBDesa masing-masing.

Usai melantik Penjabat Kepala Desa Titidu, Suhartin Djafar di Aula Kantor DesaTitidu, Kwandang, Selasa (26/10/2021), Bupati mengatakan, sebagai desa yang ada ibu kota daerah, harus menjaga kebersihan lingkungan, tertata bagus dan rapi.

Untuk mendukung itu lanjut Bupati, semua desa di Gorontalo Utara harus menganggarkan mesin pemangkas kebersihan.

“Apalagi sebagai ibu kota, itu jadi tuntunan bahwa Ibu kota harus dalam keadaan tertata rapi dan bersih,” ujarnya.

Bupati juga menekankan, APBDesa menganggarkan jamban keluarga. Gorontalo Utara kata dia, sudah 84% memiliki jamban keluarga. Olehnya seluruh desa diminta agar jamban keluarga juga di masukkan dalam APBDesa.

Bupati berharap, tahun 2022-2023 Gorontalo Utara menjadi salah satu kabupaten di Provinsi Gorontalo yang bebas dari buang air besar sembarangan.

“Artinya fasilitas untuk jamban keluarga sudah ada dan itu yang saya tekankan,” imbuhnya.

Bupati juga meminta para Camat, sebelum melakukan pengesahan terhadap APBDesa, melihat terlebih dahulu, apakah mesin pemangkas kebersihan dan jamban sudah masuk dalam APBDesa. Jika ada, maka sudah boleh disahkan.

“Karena sudah menjadi tuntutan, apalagi dengan kondisi pandemi sekarang, tentu ada kaitannya dengan kebersihan,” terangnya

“Saya minta tidak hanya untuk Kecamatan Kwandang, tapi juga untuk seluruh desa di Gorontalo Utara antara beberapa hal itu, kebersihan, jamban keluarga, rumah sehat layak huni dan kemudian alat pemangkas kebersihan,” tambahnya (Prin/Adv)