Bupati Pohuwato Komitmen Wujudkan WBK dan WBBM

Bupati Pohuwato Komitmen Wujudkan WBK dan WBBM

07/04/2021 07:09 0 By Yadin

Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga. 

Hulondalo.id – Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga menyatakan komitmennya untuk mewujudkan wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi dan bersih melayani (WBBM).

Dengan model pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM, Saipul berharap seluruh OPD senantiasa berorientasi pada perubahan mindset, penataan tatalaksana, penataan manajemen SDM, penguatan pengawasan internal, penguatan akuntabilitas kinerja serta peningkatan kualitas pelayanan publik.

Pada dasarnya, pemerintah daerah Kabupaten Pohuwato telah menerapkan konsep tersebut terhadap beberapa OPD seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Penanaman Modal, dan RSUD Bumi Panua. Akan diupayakan pula semua OPD menerapkan konsep tersebut.

Selain melakukan pendampingan pembangunan zona integritas, pemerintah daerah juga telah membentuk tim penilai internal (TPI) untuk menilai penerapan secara internal terlebih dahulu sebelum diusulkan kepada Kementerian PAN-RB untuk memperoleh penilaian dan predikat WBK dan WBBM.

“Butuh perhatian yang lebih serius lagi oleh seluruh stakeholder dalam pembangunan zona integritas tersebut,” harap Bupati Saipul

Pembangunan zona integritas pun tidak hanya sebatas komponen pengungkit, tetapi sejauh mana keterpenuhan komponen hasil sebagai dampak dari perbaikan kualitas layanan tersebut benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Nah, untuk pencapaian terhadap semua hal tersebut, Bupati memastikan akan ada reward dan punishment bagi OPD.

Seluruh elemen pelayanan publik khususnya sektor pemerintahan pun diharapkan terus berbenah, searah dengan komitmen dan visi yang diusung oleh Bupati dan Wakil Bupati, yakni Sehat, Maju dan Sejahtera. (yadin/adv)