Bupati Pohuwato Sambut Baik Kehadiran Investor Budidaya Udang Vaname

Bupati Pohuwato Sambut Baik Kehadiran Investor Budidaya Udang Vaname

09/03/2021 22:23 0 By Yadin

Bupati Saipul (baju hijau) saat menerima komisaris utama PT Esaputlii Prakarsa Utama, Ahmad Abdi Baramuli dan direksinya di rujab Bupati, Selasa (9/3/2021) malam.

Hulondalo.id – Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga menyambut baik kehadiran investor budidaya udang vaname, PT Esaputlii Prakarsa Utama, Selasa (9/3/2021) malam.

Sesuai rencana, PT Esaputlii Prakarsa Utama akan berinvestasi budidaya udang vaname di Desa Bunto, Kecamatan Popayato.

Sebelumnya, pihak investor sudah berkunjung ke Gubernur Rusli Habibie dan mendapatkan respon positif untuk berinvestasi di Pohuwato.

Seperti respon Gubernur, Bupati Saipul juga mendukung investor masuk ke daerah selama prosesnya sesuai aturan dan tidak melanggar hukum.

“Masuknya investor tentu akan membuka lapangan pekerjaan. Sekitar 600 orang tenaga kerja akan terserap nanti,” kata Saipul saat menerima komisaris utama PT Esaputlii Prakarsa Utama, Ahmad Abdi Baramuli dan direksinya di rujab Bupati.

Saat diwawancarai, Ahmad Abdi Baramuli menjelaskan, pihaknya saat ini masih fokus mengurus perizinan.

“Kami fokus urus izin dulu terutama Amdalnya. Insya Allah bulan lima (Mei) selesai,” terangnya.

Ia mengatakan, sekitar 200 hektare lahan yang nantinya akan jadi lokasi untuk dikelola. Jika sudah beraktivitas nanti, PT ini mampu memproduksi sekitar 2 ribuan ton udang Vaname. Pihaknya pun menjamin ada kontribusi yang diberikan untuk daerah selain PAD yakni berkurangnya angka pengangguran dan memacu perputaran roda perekonomian. (yadin/adv)