Bupati Saipul Mbuinga dan Ketua TP PKK Kuatkan Peran Posyandu

Bupati Saipul Mbuinga dan Ketua TP PKK Kuatkan Peran Posyandu

23/03/2021 18:06 0 By Yadin

Bupati Saipul Mbuinga didampingi istri meninjau stand Posyandu saat baksos SMS di Lemito.

Hulondalo.id – Pemerintah Kabupaten Pohuwato menggelar bakti sosial SMS 100 hari kerja yang di dalamnya ikut melayani dan memantau perkembangan bayi di Rumah Sakit Pratama Gorontalo Barat, Kecamatan Lemito, Selasa (23/3/2021).

Stand Posyandu yang disiapkan oleh petugas untuk melayani tumbuh kembang bayi ikut dipantau oleh Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga didampingi Ketua TP. PKK, Selfi Monoarfa.

Bahkan Bupati Saipul ikut menggendong salah satu bayi dan membawanya ke tempat penimbangan dan pengukuran badan. Bupati pun mengapresiasi peran Posyandu dan kader kesehatan yang terus memberikan pelayanan kepada warga Pohuwato.

Fasilitator Gerbos Emas, Rozlan Tawaa menjelaskan, bahwa program pemerintah daerah saat ini salah satunya fokus pada penekanan angka stunting.

Hadirnya Posyandu pada baksos SMS, kata Rozlan, adalah untuk memantau dan mengetahui kondisi perkembangan bayi.

“Untuk mencegah stunting, tiap bulan bayi dikontrol. Apakah tingginya bertambah, apakah tinggi dan berat badan sudah sesuai umurnya,” jelas Rozlan.

Sementara itu, Kepala Baperlitbang, Irfan Saleh juga mengapresiasi tim Posyandu yang telah melakukan kegiatan di baksos SMS.

“Saya juga mengapresiasi kinerja para kader kesehatan yang sudah cukup lincah dan paham menjalankan SOP di Posyandu,” ucap Irfan yang juga selaku Koordinator Tim Koordinasi Stunting Pohuwato.

Diketahui, dari hasil baksos SMS, kunjungan 47 bayi/balita, kunjungan ibu hamil 25 orang, pemberian makanan tambahan untuk bayi/balita gizi buruk dan gizi kurang 12 kasus, pemberian makanan tambahan untuk ibu hamil KEK  10 kasus dan pemberian makanan tambahan bagi balita stunting 10 kasus. (yadin/adv)