Bupati Usulkan Nelayan Pohuwato Dapat Bantuan Konversi BBM ke BBG Tahun Ini

Bupati Usulkan Nelayan Pohuwato Dapat Bantuan Konversi BBM ke BBG Tahun Ini

01/05/2021 11:06 0 By Yadin

Bupati Saipul menyerahkan proposal bantuan untuk nelayan Pohuwato ke Kementerian ESDM.

Hulondalo.id – Sedikitnya, ada 2012 paket alat converter kit BBM ke BBG yang diusulkan Bupati Pohuwato ke Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

Bupati Saipul didampingi Kepala Baperlitbang Irfan Saleh dan Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Jay Utiarahman bertemu langsung dengan Dirjen Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas, Noor Arifin Muhamad, Kamis (29/4/2021).

Kata Bupati, Kabupaten Pohuwato pada tahun 2018 telah mendapatkan alokasi bantuan konversi BBM ke BBG yaitu converter kit untuk nelayan sejumlah 798 unit yang terdiri dari mesin katinting 6.5 PK, converter kit beserta tabung gas elpiji 3 kg.

“Dengan pemanfaaatan alhamduliah telah digunakan oleh sebagian besar nelayan yang ada di Kabupaten Pohuwato,” ungkap Bupati.

Namun, ada beberapa keluhan nelayan terkait penggunaan mesin katinting berbahan bakar gas ini.

“Sebagian nelayan yang di Pohuwato adalah nelayan pemancing tuna, dimana jarak ke lokasi rakit atau rumpon untuk pemancing tuna mereka bisa menempuh hingga 12 mil dari pesisir pantai dengan waktu tempuh 6 hingga 7 jam menggunakan bahan bakar bensin. Sehingga mereka dalam hal penggunaan mesin katinting memerlukan daya mesin yang lebih besar hingga 15 PK, untuk itu mesin katinting yang mereka gunakan saat ini yang berdaya  5,5 hingga 6,5 PK tidak mampu untuk bisa menempuh jarak hingga 12 mil, sehingga kami mengusulkan mesin yang berdaya lebih tinggi lagi,” harap Bupati Saipul.

Usai pertemuan itu, Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Jay Utiarahman menyampaikan, ada respon positif dari Dirjen Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas.

“Pohuwato alhamdulillah mendapat respon positif dari pak Dirjen, cuman hanya masalah kuota saja yang saat ini sedang memverifikasi semua usulan dari kabupaten/kota,” terang Jay.

“Insya Allah tahun ini untuk besaran daya mesin katinting PK lebih besar dari 6,5 PK dengan sarana utama yaitu alat converter dan tabung gas 3 kg sejumlah 2 unit,” tutup Jay. (yadin/adv)