Butuh 2.000 Hektar Lahan Inti, PT SIP Siap Bangun Industri Jagung Terintegrasi di Gorontalo

Butuh 2.000 Hektar Lahan Inti, PT SIP Siap Bangun Industri Jagung Terintegrasi di Gorontalo

30/03/2021 12:32 0 By Alex

PT Sumber Investasi Pratama

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim saat menerima kunjungan Direktur PT SIP dan rombongan, Selasa (30/3/2021).(F. Gusti)

Hulondalo.id – PT Sumber Investasi Pratama (SIP) tertarik berinvestasi pengembangan jagung di Gorontalo. Keinginan tersebut pun diutarakan langsung saat bertemu Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Selasa (30/3/2021).

Sebelumnya, PT SIP dikenal dengan perusahaan manajemen terintegrasi. Seperti untuk jagung, yakni mulai dari penanaman, pengolahan, panen, sampai ke produk akhir seperti pakan ternak, minyak jagung dan aneka produk lainnya.

“Perusahaan kami akan melakukan usaha manajemen mulai dari pengolahan lahan, menanam, pemeliharaan tanaman, panen, pasca panen, sampai pada industri hilirisasi jagung,” kata Direktur PT SIP, EA Joseph Renyut usai bertemu Wakil Gubernur Idris Rahim.

Dikatakan Joseph, pihaknya akan membangun kawasan industri yang terintegrasi untuk pengembangan jagung sekaligus untuk usaha peternakan sapi dan ayam di Gorontalo. Untuk itu, PT SIP membutuhkan lahan inti seluas 2.000 Hektar dan lahan plasma sekitar 10.000 Hektar.

“Pupuk, benih dan peralatan kami sediakan. Kami offtakernya, kami yang mengolah jagungnya, pakan ternaknya kita bikin di sini, jadi ini merupakan konsep terintegrasi,” sambung Joseph.

Sementara itu, Wakil Gubernur Idris Rahim menyambut baik rencana pengembangan industri jagung oleh PT SIP. Bahkan Idris mendorong percepatan pembangunan industri jagung tersebut dan menginstruksikan Dinas Penanaman Modal, ESDM dan Transmigrasi bersama Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo untuk melakukan pendampingan dalam peninjauan beberapa lokasi lahan yang dibutuhkan PT SIP.

“Kita menyambut gembira dan tentunya siap membantu setiap investor yang menanamkan modalnya di Gorontalo,” kata Idris.(adv/alex)