Cair Hari ini, Berapa Pekerja di Gorontalo yang Dapat Bantuan Rp 600 Ribu?

Cair Hari ini, Berapa Pekerja di Gorontalo yang Dapat Bantuan Rp 600 Ribu?

27/08/2020 11:25 0 By Alex

Bantuan Rp 600 Ribu

Ilustrasi BLT Rp 600 Ribu untuk pekerja.

Hulondalo.id – Bantuan Rp 600 Ribu per bulan bagi pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp 5 Juta rencananya akan dicairkan mulai hari ini, Kamis (27/8/2020). Pencairannya ditandai dengan peluncuran yang menurut rencana akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Ya, para pekerja yang menerima bantuan Rp 600 Ribu per bulan selama 4 bulan berturut-turut ini merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan yang aktif hingga Juni 2020.

Bantuan tersebut akan dikirim langsung ke rekening masing-masing penerimanya yang akan diakumulasi dalam 2 bulan, yakni menjadi Rp 1,2 Juta. Dengan begitu, pencairan untuk 4 bulan dengan total Rp 2,4 Juta akan dibagi menjadi 2 tahap.

Bantuan Rp 600 Ribu ini akan menyasar kepada 15,7 Juta pekerja yang ada di seluruh Indonesia, termasuk di Provinsi Gorontalo. Namun, berapakah jumlah pekerja yang akan mendapatkan bantuan Rp 600 Ribu tersebut?

Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Gorontalo, Teguh Setiawan mengatakan, peserta BPJS Ketenagakerjaan di Gorontalo yang aktif sampai bulan Juni 2020 sebanyak 37 Ribu peserta. Namun, yang memenuhi syarat validasi dan yang telah menyerahkan nomor rekening sudah sebanyak 18.876 pekerja.

“Kalau ditanya berapa pekerja yang akan dapat bantuan Rp 600 Ribu ini, memang belum ada keputusan dari pemerintah pusat karena proses validasi masih berjalan di kementerian (Kementerian Tenaga Kerja),” ucap Teguh yang dikonfirmasi Hulondalo.id di kantornya, Kamis (27/8/2020).

Namun, untuk peluncuran yang rencananya akan dilakukan Presiden Joko Widodo nanti akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia secara virtual dengan menghadirkan 4 pekerja yang akan diserahkan secara simbolis di Gorontalo.

Pencairannya juga akan dibagi dalam beberapa batch. Sesuai informasi dari Kementerian Tenaga Kerja, bantuan Rp 600 Ribu batch pertama akan dicairkan kepada 2,5 Juta pekerja di seluruh Indonesia.

“Kami masih menunggu berapa pekerja di Gorontalo yang akan mendapatkan bantuan Rp 600 Ribu ini. Memang masih dalam tahap validasi, tapi mungkin sebentar nanti sudah keluar keputusannya,” tandas Teguh.(Jeff)