Calon Petahana Dicoret, Kantor Desa Bongomeme Disegel Warga

Calon Petahana Dicoret, Kantor Desa Bongomeme Disegel Warga

24/02/2021 12:15 0 By Syakir

Kantor Desa Bongomeme

Hulondalo.id – Kantor BPD dan Kantor Desa Bongomeme, Kabupaten Gorontalo disegel warganya. Ini buntut aksi ketidak puasan warga pendukung calon kades petahana yang dicoret oleh panitia pemilihan kepala desa (Pilkades).

“Memang benar ada beberapa kantor BPD disegel oleh masyarakat. Itu bentuk penolakan masyarakat terkait calon petanaha tak lolos di tahapan Pilkades,” kata Kadis PMD Kabupaten Gorontalo, Nawir Tondako, Rabu (24/2/2021).

Nawir pun menceritakan duduk perkara sebenarnya. Dikatakannya, untuk calon petahana yang ingin ikut di periode berikutnya, disyaratkan untuk memasukkan Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LKPPD).

Nah, syarat inilah yang tidak dipenuhi. Sesuai aturan, Panitia Pilkades pun mencoret si calon petahana tadi dari daftar kandidat, karena tidak memenuhi syarat. Ini tak hanya terjadi di Desa Bongomeme, tapi juga terjadi di desa lainnya yakni, Desa Bongohulawa, Desa Haya-haya dan Desa Dumati.

“Mereka (Petahana) pun melayangkan gugatan pada proses sengketa Pilkades. Namun, ditolak oleh Komisi Pilkades. Itu dikarenakan dalam persidangan sengketa, baik dari pemeriksaan saksi, bukti serta fakta persidangan tidak membuktikan adanya laporan LKPPD oleh calon petahana,” jelas Nawir.

Kendati begitu, PIlkades akan tetap digelar. Nawir pun sudah berkoordinasi dengan pihak terkait terutama kepolisian, untuk memastikan pelaksanaan pilkades berjalan kondusif. (opin)