Canangkan HKN ke-55 di Gorontalo, Wagub: Sehat itu Penting

01/11/2019 10:26 0 By Alex

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim bersama Sekretaris Daerah Darda Daraba dan pimpinan OPD Provinsi Gorontalo memukul alat musik tradisional Polopalo untuk pencanangan HKN ke-55 di halaman Dikes Provinsi Gorontalo, Jumat (1/11/2019). (F. Haris/Humas)

Hulondalo.id – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mencanangkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019 tingkat Provinsi Gorontalo, Jumat (1/11/2019).

Pencanangan HKN yang mengusung tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul” itu ditandai dengan pemukulan alat musik tradisional Polopalo di halaman Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

“Tema ini harus bisa diimplementasikan dalam setiap program kesehatan. Sehat itu penting, sehat itu adalah satu keniscayaan atau keharusan,” ucap Wakil Gubernur Idris Rahim.

Dia mengajak seluruh jajaran kesehatan provinsi dan kabupaten/kota untuk bahu-membahu serta bergerak secara bersinergi untuk membangun sektor kesehatan.

Menurutnya, berbagai tantangan dalam pembangunan sektor kesehatan seperti peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang salah satu indikatornya adalah kesehatan, usia harapan hidup, stunting, serta kasus kematian ibu dan anak maupun gizi buruk, merupakan sebagian dari permasalah di sektor kesehatan yang membutuhkan perhatian seluruh pihak.

Terkait hal itu, 3 pilar yang harus dilakukan dalam membangunan sektor kesehatan, yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan, serta penyediaan biaya melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Pelaksanaan program Germas, Nusantara Sehat, serta JKN, harus dilaksanakan bersama oleh seluruh komponen kesehatan baik lintas program maupun lintas sektor guna terwujudnya generasi sehat untuk Gorontalo dan Indonesia yang unggul,” tutur Idris.

Pada pencanangan HKN ke-55 tingkat Provinsi Gorontalo, Wakil Gubernur Idris Rahim menyerahkan donasi peduli JKN kepada Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo, Muhammad Yusrizal. Donasi tersebut dikumpulkan dari seluruh aparatu Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo serta seluruh tamu undangan yang hadir pada pencanangan HKN.

Donasi peduli JKN merupakan gerakan moral untuk membantu BPJS untuk keberlangsungan program JKN di Provinsi Gorontalo.(adv/alex)