Catat! Pendaftaran Siswa Baru SMA Sederajat di Gorontalo Mulai 6 Juni 2020

Catat! Pendaftaran Siswa Baru SMA Sederajat di Gorontalo Mulai 6 Juni 2020

06/05/2020 17:31 0 By Alex

Ilustrasi SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. (f. dok)

Hulondalo.id – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) daring SMA sederajat di Provinsi Gorontalo akan dimulai secara serentak pada 6 Juni 2020 mendatang.

Proses PPDB yang akan berakhir pada 30 Jani 2020 ini dimulai dari pendaftaran, seleksi, pengumuman sampai pada pendaftaran ulang bagi calon siswa yang terjaring.

Hal itu terungkap pada rapat virtual panitia PPDB bersama Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Provinsi Gorontalo, Yosef P Koton, Selasa (5/5/2020).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, PPDB tahun ini akan dibagi mejadi 4 jalur penerimaan, masing-masing jalur zonasi 50%, jalur prestasi 30%, jalur afirmasi 15% dan jalur imigran atau perpindahan orang tua/wali sebanyak 5%. Hal itu merujuk pada pada Peraturan Menteri Pendidikan (Permendikbud) Nomor 44 Tahun 2019.

Koordinator Umum PPDB Provinsi Gorontalo, Yalfret Tobias mengatakan, pendaftaran PPDB online dibagi menjadi 2 sesi, yakni pendaftaran jalur zonasi, afirmasi dan imigran pada tanggal 6 Juni sampai 13 Juni 2020.

Kemudian pendaftaran jalur prestasi pada tanggal yang dimulai 15-17 Juni 2020. Pendaftaran jalur prestasi ini mencakup prestasi akademik dan prestasi non-akademik dimana masing-masing memiliki skor rekapitulasi dan telah ditanamkan dalam sebuah sistem informasi berbasis web yang akan digunakan oleh siswa untuk mendaftar.

“Lulusan SMP/sederajat di Provinsi Gorontalo tahun ini berjumlah 23.912 siswa. Mereka diminta memperhatikan ketentuan pendaftaran PPDBagar tidak terjadi kesalahan pendaftaran yang mengakibatkan siswa tidak lulus di sekolah menengah yang dituju,” katanya.

Kepala Dikbudpora Provinsi Gorontalo, Yosef P Koton pun meminta agar proses pendaftaran itu segera dipublikasikan mulai dari sekarang.

“Mulai saat ini Panitia PPDB mempersiapkan rencana kerja dan tahapan yang akan dilaksanakan,” kata Yosef.

Dia berharap, informasi ini segera diketahui sekolah SMP, orang tua dan siswa yang lulus tahun ini. Dengan mengetahui sejak dini persyaratan, prosedur pendaftaran dan dokumen yang dibutuhkan untuk masuk SMA/sederajat, maka penerimaan PPDB tahun ini akan lebih berhasil dibandingkan tahun sebelumnya.(adv/alex)