Cegah Corona, Hamzah Himbau Warga Batasi Sementara Interaksi Sosial

Cegah Corona, Hamzah Himbau Warga Batasi Sementara Interaksi Sosial

16/03/2020 09:40 0 By Maman

Hamzah Sidik SH, MH. sumber : hamzahsidik.com

Hulondalo.id – Wakil Ketua 2 DPRD Gorontalo Utara Hamzah Sidik menghimbau warga, untuk membatasi sementara proses-proses interaksi ditempat umum.

Menurutnya, meliburkan siswa untuk sementara bisa saja dilakukan oleh pemerintah daerah dan ini tergantung pemerintah menanggapi masalah virus corona ini seperti apa.

Apalagi kata Hamzah Virus Corona atau Covid-19 ini sudah ditetapkan sebagai pandemik atau penyakit yang sudah sifatnya meluas, masif diseluruh dunia. Saatnya ada langkah-langkah antisipasi.

“Yang lagi didorong itu kan lockdown, lockdown itu seperti mengunci semua pergerakan, orang keluar masuk itu dipantau betul, diatur betul,” jelas Hamzah saat dihubungi hulondalo.id Minggu, (15/3/2020).

Jika itu tidak bisa dilakukan, maka yang paling mungkin dilakukan adalah Sosial Distancing, atau pembatasan melakukan proses-proses interaksi.

“Kita membatasi diri untuk melakukan proses interaksi sosial, nah interaksi sosial ini terjadi di banyak tempat, sekolah, pemerintahan atau perkantoran dan tempat-tempat keramaian, seperti pusat perbelanjaan,” tukasnya.

Politisi Partai Golkar itu juga menghimbau kepada masyarakat, agar tidak bertemu orang-orang untuk sementara waktu jika memang tidak terlalu penting.

“Gorontalo Utara saya lihat belum lockdown, tetapi untuk sosial distancing itu perlu didorong, karena Gorontalo Utara itu punya banyak pintu untuk akses orang masuk dan juga berbatasan langsung dengan Manado,” tuturnya.

Hamzah juga mengatakan, pencegahan perlu untuk dilakukan diantaranya menjaga kebersihan diri, kebersihan lingkungan, sosialisasi kepada masyarakat terkait virus corona ini juga sangat diperlukan.

“Mungkin ada yang tidak sama seperti kita mendapatkan informasi yang utuh, kita perlu memberikan sosialisasi, semua orang ini bersama-sama bahu membahu untuk bagaimana menangkal virus ini,” ujar Hamzah. (Prin/Adv)