Cegah Covid-19, Ini Instruksi Bupati Indra Yasin

Cegah Covid-19, Ini Instruksi Bupati Indra Yasin

16/03/2020 21:45 0 By Maman

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin memimpin rapat membahasan pencegahan virus corona. (hms)

Hulondalo.id – Pencegahan Virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Bupati Indra Yasin membentuk satgas gugus tugas virus corona. Tak cuma itu, Bupati juga melakukan sejumlah kebijakan.

Senin (16/3/2020), Bupati akan memperketat perbatasan baik itu dari Sulawesi Utara ke Gorontalo Utara dan, Sulawesi Tengah ke Gorontalo Utara. Hal serupa juga akan dilakukan pada pelabuhan yang ada di Gorontalo Utara.

Terhadap RSUD dr. Zainal Umar Sidiki (ZUS), Bupati meminta, harus memiliki ruang isolasi sementara untuk menampung pasien yang suspek corona sebelum dirujuk ke rumah sakit rujukan.

Begitupun kata Bupati, pada penggunaan kendaraan pasien ini, merupakan kendaraan.

“Kita harus ada ruang isolasi sementara dan tidak boleh berdekatan dengan pasien lain,” ungkap Bupati.

Pos perbatasan kata Bupati untuk perbatasan wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo akan diperketat.

“Yang jadi permasalahannya, tim yang ada di perbatasan ini harus ada alat, itu yang harus kita usahakan, petugas yang ada di perbatasan juga harus ada tim medis,” tuturnya.

Hal yang sama juga diterapkan di pelabuhan-pelabuhan yang ada di Gorontalo Utara. Bupati berharap kapal-kapal asing belum ada yang masuk di Gorontalo Utara, sebelum mendapat persetujuan dari petugas medis Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Bupati Indra Yasin juga meminta seluruh Dinas/Badan yang ada dilingkungan Pemkab Gorontalo Utara, memiliki tempat pencucian tangan.

“Semua dinas, badan saya belum ijinkan keluar daerah, termasuk Lakip Sakip di Kemenpan, saya tidak mengejar nilai A, tapi banyak yang akan menjadi korban,” imbuhnya.

Dalam rapat bersama OPD terkait dan KKP di Aula Tinepo Kantor Bupati Gorontalo Utara, Bupati juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dan tetap melakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri sendiri.

“Kita saling bahu membahu dengan TNI dan Polri untuk mencegah hal ini, penting juga dilakukan adalah berdoa,” ungkapnya.

“Oleh sebab itu kami merencanakan akan menggelar zikir akbar, zikir akbar menolak Bala, nah kami sementara rancang apa sebelum MTQ atau menjelang HUT Gorontalo Utara,” tutupnya. (Prin/Adv)