Cegah Kerusuhan, 4 WBP di Lapas Pohuwato Dipindahkan

Cegah Kerusuhan, 4 WBP di Lapas Pohuwato Dipindahkan

22/04/2021 07:00 0 By Maman

Lapas Pohuwato Pindahkan Narapidana

Lapas Pohuwato memindahkan 4 WBP ke Lapas Boalemo. (Foto:istimewa)

Hulondalo.id – Lapas Kelas IIB Pohuwato memindahkan beberapa Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau narapidana. Pemindahan ini, bukti kewaspadaan petugas Lapas yang selalu tanggap dalam situasi dan keadaan apapun, sekaligus upaya preventif terhadap gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib).

“Pemindahan tersebut dari Lapas Kelas IIB Pohuwato ke Lapas kelas IIB Boalemo pada Selasa kemarin,” ungkap Ka. KPLP Lapas Pohuwato, Frangki Ma’ruf, SH, Rabu (21/4/2021).

Pemindahan terhadap 4 WBP masing-masing, IA, AL, TS, FS ini kata dia, dalam rangka meminimalisir gangguan kamtib, terkait dengan pelangaran tata tertib yang dilakukan salah seorang WBP, dan mengacu pada Undang-undang Pemasyarakatan No 12 Tahun 1995, dan Permenkumham No 6 Tahun 2013.

Menurut Frangki lagi, WBP dimaksud terindikasi akan mengajak, mengancam dan memprovokasi membuat gerakan Lapas Pohuwato ricuh.

“Pemindahaan ini untuk mencegah gangguan, deteksi dini dan memutus mata rantai, kita juga melaksanakan aturan yang di terapkan di Lapas, maupun Rutan sesuai arahan dari Dirjen Kementerian Hukum dan Ham,” ujar Frangki.

Pemindahan ini juga kata Frangki, sesuai arahan Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Gorontalo saat memberikan materi penguatan gangguan deteksi dini di Lapas Pohuwato,” kata Frangki. (Inkri)