Cegah Klaster Perkantoran, ASN-PTT Dinas Kesehatan Gorontalo Gelar Swab Test

Cegah Klaster Perkantoran, ASN-PTT Dinas Kesehatan Gorontalo Gelar Swab Test

22/09/2020 13:02 0 By Alex

Suasana swab test untuk para ASN dan PTT di Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

Hulondalo.id – Sesuai instruksi Gubernur Gorontalo, seluruh ASN dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo wajib melakukan swab test melalui pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT PCR) sebagai upaya mencegah penularan Covid-19.

Untuk menjalankan instruksi tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo mulai melakukan swab test kepada seluruh ASN dan PTT di lingkungannya.

Pemeriksaan ini mulai dilakukan sejak Kamis (17/9/2020) yang dilaksanakan di UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah dan dilanjutkan di kantor Dinas Kesehatan, Senin (21/09/2020).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Misranda Nalole mengatakan, selain merupakan instruksi Gubernur, kegiatan ini merupakan upaya pencegahan penularan Covid-19 di klaster perkantoran.

“Apalagi Dinas Kesehatan adalah instansi teknis yang melayani masyarakat dan merupakan bagian dari Gugus Tugas Covid-19 sehingga menjadi kelompok yang berisiko tertular penyakit,” kata Misranda.

Upaya yang dilaksanakan saat ini, lanjut Misranda, adalah untuk memastikan bahwa sektor kesehatan harus aman dan bebas dari virus Covid-19.

“Semua pegawai di lingkungan Dinas Kesehatan wajib di swab. Kami sudah memulainya dan kita harapkan agar hasilnya nanti negatif,” tutur Misranda.

Pada pemeriksaan RT PCR gelombang I yang dilaksanakan pada Kamis (17/9/2020) jumlah yang diperiksa 16 orang terdiri dari ASN 12 orang dan PTT 4 orang dengan hasil positif 4 orang dan negatif 12 orang.

Dan untuk pemeriksaan gelombang II sebanyak 105 orang dengan rincian ASN sebanyak 78 orang dan PTT 27 orang pada Senin (21/09/2020).(adv/alex)