Cegah Penyebaran Covid-19, Bupati Boalemo Terbitkan Edaran

Cegah Penyebaran Covid-19, Bupati Boalemo Terbitkan Edaran

01/04/2020 08:18 0 By Maman

Bupati Boalemo Darwis Moridu.

Hulondalo.id – Mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Selasa (31/3/2020) Bupati Boalemo Darwis Moridu menerbitkan surat edaran. Ada 7 point penting dalam surat edaran tersebut dengan nomor 001/447/III/2020.

Bupati Darwis menegaskan, esurat daran ini untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi pencegahan penyebaran wabah Covid-19. Seluruh komponen diminta olehnya, senantiasa melaksanakan dan mendukung upaya pencegahan ini.

“Juga sedini mungkin mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19, dengan mensosialisaikan surat edaran secara optimal kepada masyarakat di Kabupaten Boalemo,” kata Bupati Darwis.

Sementara itu, Sekda Husain Etango juga mengeluarkan surat edaran menindaklanjuti Edaran Bupati Boalemo tentang Penyesuaian Sistem Kerja ASN dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Pemkab Boalemo.

Dan memprioritaskan kesehatan dan keselamatan ASN selama melakukan penyesuaian jam kerja pegawai. Edaran tersebut antara lain menyebutkan, menghimbau seluruh Kepala OPD mengatur sistem kerja yang akuntabel dan mengatur secara selektif sebagian pegawai dapat bekerja di rumah/tempat tinggal (work from home/WFH).

Kehadiran ASN dapat dibagi dengan mempertimbangkan, jenis pekerjaan, peta sebaran Covid-19 berdasarkan informasi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, domisili pegawai, kondisi kesehatan pegawai, kondisi kesehatan keluarga pegawai (Dalam status pemantauan/diduga/dalam pengawasan/dikonfirmasi terjangkit Covid-19), riwayat perjalanan luar negeri dan perjalanan luar daerah dalam negeri selama 14 hari kalender, riwayat interaksi pegawai pada penderita/terkonfirmasi Covid-19 dalam 14 hari kalender terakhir.

Sistem pelaporan juga agar diatur selama pelaksaaan WFH ini, menggunakan teknologi informasi berupa e-Mail, whatsapp dan aplikasi lainnya.

Dalam poin 3, menegaskan pejabat eselon II, III dan IV agar tetap berdinas masuk kantor dengan aktivitas kegiatan sebagaamana biasa, dan tetap memenuhi SOP kesehatan pencegahan Covid-19. (Yadin/Adv)