Cegah Peredaran Gelap Narkotika, Kemenkumham Gorontalo Bekali Petugas Lapas

Cegah Peredaran Gelap Narkotika, Kemenkumham Gorontalo Bekali Petugas Lapas

05/08/2021 19:23 0 By Jeffry

Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo menggelar kegiatan sosialisasi teknis pemasyarakatan bagi petugas lapas.

Hulondalo.id – Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo menggelar kegiatan sosialisasi teknis pemasyarakatan bagi petugas lapas.

Kegiatan yang diikuti 40 peserta dari perwakilan UPT itu dilaksanakan guna memberikan pembekalan bagi petugas dalam memberantas peredaran gelap narkotika khususnya di wilayah lembaga pemasyarakatan.

Kepala Kanwil Kemenkumham Gorontalo Hantor Situmorang mengatakan, dalam memutus mata rantai peredaran narkotika sudah menjadi tanggung jawab seluruh Aparat Penegak Hukum (APH).

Dalam hal ini, Kemenkumham kata Hantor terus mendukung sepenuhnya pemberantasan peredaran narkotika khususnya di lembaga pemasyarakatan.

Olehnya upaya sinergitas diantara APH itu kata Hantor terus dilakukan guna memutus mata rantai peredaran narkotika sesuai kewenangan di masing-masing lembaga.

“Selama ini kan Lapas selalu dikaitkan dengan peredaran narkotika, karena di dalam ada mantan pengguna narkoba yang nantinya jangan sampai disinyalir turut ikut andil. Nah, kami memastikan petugas kita memutus mata rantai tersebut agar narkotika ini tidak masuk ke dalam lapas,” ujar Hantor Situmorang.

Meski demikian, Hantor tetap menghimbau kepada semua petugas agar tetap selalu waspada dan bekerja sesuai prosedur, protap dan deteksi dini sebagai bentuk pencegahan di dalam upaya percobaan agar barang haram tersebut bisa masuk ke dalam lapas.

“Karena biasanya upaya-upaya ini terus akan dilakukan agar narkoba bisa masuk ke Lapas. Makanya itu yang akan kita antisipasi ,” ujar Hantor.

Hantor pun berharap dengan dilaksanakan kegiatan ini, nantinya semua petugas yang ada menjadi petugas yang tangguh dan memiliki integritas tinggi di setiap menjalankan tugas-tugasnya.

“Yang kami harapkan semua petugas dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik dengan integritas tinggi sehingga tidak ada peredaran gelap narkoba di lapas atau rutan itu,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang peserta Yarham Pantu mengaku bersyukur dapat mengikuti kegiatan tersebut. Sebab menurutnya pembekalan tersebut sangat bermanfaat dalam mencegah peredaran gelap narkotika di lapas.

“Dengan kegiatan ini kami mendapatkan berbagai macam materi terkait langkah-langkah yang akan kita tempuh sebagai bekal dalam menghadapi permasalahan di lapas,” ujar Yarman.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama 2 hari dan dihadiri Narasumber yakni Kanit I Subdit I Ipda Irwansyah Dali Ditresnarkoba Polda Gorontalo, Sub Koordinator Pasca Rehabilitasi BNNP Gorontalo Lee Chandra Wahidji serta narasumber utama Direktur Keamananan Ketertiban Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Abdul Aris Bc.IP., S.Sos.,M.M yang dilaksanakan secara virtual. (Jeff/Adv)