Cerita Hamim Soal Hasrat Filmkan Kisah Patriotik Nani Wartabone

16/11/2019 09:52 0 By Alex

Bupati Bone Bolango Hamim Pou (kedua dari kanan) di sela-sela memenuhi undangan Dirjen Kebudayaan, Kemendikbud RI untuk mempresentasekan Film Nani Wartabone. (F. Dok Humas)

Hulondalo.id – Kepahlawanan Nani Wartabone yang dikenal dengan Hari Patriotik menyimpan sejumlah kisah yang menarik. Ada banyak kisah yang belum terungkap seputar perjalanan pemimpin “Pasukan Rimba” itu mengobarkan semangat Patriotik di bumi Serambi Madinah ini.

“Kisah kepahlawanan Nani Wartabone memiliki alur cerita yang kuat. Bukan hanya soal perjuangan, tapi kisah pertemanan, konflik, romantisme, nasionalisme dan kebhinekaan yang akan kami coba ungkap lewat film,” ujar Bupati Bone Bolango (Bonebol) Hamim Pou yang blak-blakkan soal alasannya kekeh mengangkat kisah Nani Wartabone ke layar lebar.

Menurut dia, ada banyak kisah Nani Wartabone yang belum terungkap namun layak diceritakan. Misalnya seputar bagaimana semangat heroik Nani Wartabone ketika pulang dari Jawa, dikubur hidup-hidup, diasingkan, menolak pendudukan Jepang, melawan Permesta, bergerilya di hutan belantara dan masih banyak lagi.

Dalam film yang diprakarsai Dirjen Kebudayaan Kemendikbud itu, akan digambarkan pula peran tokoh-tokoh penting lainnya. Seperti pengorbangan P Kalengkongan, peran Komite 13, Kusno Danupoyo, AR Ointu, Badjeber, peran tokoh Tionghoa dan tokoh Arab di Gorontalo, kedatangan Abdul Haris Nasution hingga pertemuan Nani Wartabone dengan Presiden Soekarno dan sosok Sarinah, serta masih banyak tokoh-tokoh lainnya.

“Jadi menurut saya, film ini akan sangat menarik,” timpal Hamim.

Saat ini, proses pembuatan skenario dan stok visual sudah mencapai 30%. Pihak Kemendikbud rencananya masih akan melakukan riset lebih dalam lagi untuk menggali sosok pahlawan Nani Wartabone.

Bupati Bonebol Hamim Pou menjamin bahwa pihaknya sudah sangat siap mendukung produksi film tersebut. Jika tak ada aral melintang, tahun depan sudah mulai proses shooting film yang berlokasi di wilayah Bone Bolango dan Kota Gorontalo. Film tersebut diproyeksi akan ditayangkan pada 2021 mendatang.

“Mudah-mudahan film ini bisa menjadi saksi sejarah bagi anak cucu kita nanti. Karena banyak keteladanan dan jiwa patriotisme dari pak Nani Wartabone yang perlu diwariskan kepada generasi muda Gorontalo kedepan,” tandas Hamim.(Alex)