Cerita Penggali Kubur Habibie: Tanahnya Empuk, Mungkin karena Orang Baik

17/09/2019 10:32 0 By Alex

Makam BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta. (F. Antaranews.com)

Hulondalo.id – Ada kisah menarik saat pemakaman Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019) lalu.

Salah seorang petugas penggali kubur untuk almarhum BJ Habibie merasakan kemudahan saat menyiapkan liang lahat untuk Bapak Demokrasi Indonesia tersebut.

Irwansyah (40), satu dari 14 orang yang menggali liang lahat mengaku tidak menemui adanya kesulitan. Tanah yang digali untuk tempat peristirahatan terakhir Habibie sangat empuk, nyaris tidak ada batu maupun kerikil di tanah tersebut.

“Alhamdulillah tanahnya empuk banget. Mudah sekali menggalinya. Tidak ada kerikil satu pun. Beling juga gak nemu. Biasanya nemu karena ‘kan di sini juga dulu pemukiman,” kata Irwansyah, seperti yang dilansir dari Poskotanews.com.

Menurut Irwansyah, kemudahan-kemudahan pada proses pemakaman tersebut dinilainya tidak lain karena jasa beliau semasa hidupnya.

“Mungkin karena orang baik ya beliau semasa hidupnya. Jadi, Alhamdulillah semua dimudahkan,” sambung Irwansyah.

Sebelumnya, Presiden RI ke-3 BJ Habibie dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta, yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Bapak Teknologi Indonesia itu meninggal dunia pada usia 83 Tahun setelah menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto.(alex/red)