Cerita Syarif Mbuinga saat Pohuwato Masuk Zona Hijau di Penilaian Ombudsman 

Cerita Syarif Mbuinga saat Pohuwato Masuk Zona Hijau di Penilaian Ombudsman 

31/05/2021 20:00 0 By Syakir

Syarif Mbuinga

Hulondalo.id – Saat masih menjabat Bupati Pohuwato di Tahun 2018, Syarif Mbuinga tercatat sebagai salah satu kepala daerah yang kebijakannya paling peduli serta berkomitmen, dan menghantarkan daerah itu masuk dalam zona hijau dengan kepatuhan tertinggi terhadap Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, dalam sekali pendampingan.

Syarif pun berkesempatan menyampaikan cerita sukses tersebut dalam kegiatan workshop pendampingan penilaian kepatuhan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, yang digelar oleh Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Gorontalo, Kamis 27 Mei 2021 di Grand Q Hotel Kota, Gorontalo.

“Izinkan saya menyampaikan permohonan maaf kepada Kepala Ombudsman Perwakilan Provinsi Gorontalo dan Bapak-Ibu peserta kegiatan ini, karena saya tidak bisa hadir secara fisik dikarenakan saya sedang melakukan kontrol kesehatan atas peristiwa covid-19 yang menimpa diri saya,” Kata Syarief, dalam video berdurasi 11 menit yang ditonton seluruh peserta kegiatan yang merupakan perwakilan dari pemerintah Kabupaten, Kota, dan Provinsi Gorontalo.

Syarief mengatakan bahwa kesempatan itu merupakan penghargaan untuk dirinya sebab dirinya telah selesai mengabdi sebagai Bupati Pohuwato sejak 17 Februari 2021 dan menurutnya prestasi atas nilai kepatuhan tinggi atas penilaian Ombudsman pada tahun 2018 bukan berkat dirinya pribadi.

Waktu itu kata Syarief, dirinya sebagai bupati memang dituntut untuk membangun komitmen tinggi terhadap penyelenggaran pemerintahan yang baik sebagaimana diamanahkan dalam Undang-Undang 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

“Saya tidak bekerja sendirian, tentu kami menggerakkan instrumen pemerintahan sampai pada level bawah untuk bisa mewujudkan pelayanan publik yang baik,” Ujar Syarief. (**)