Ceroboh Bakar Sampah, Malah Ini yang Terbakar

Ceroboh Bakar Sampah, Malah Ini yang Terbakar

24/02/2019 17:19 0 By Alex

kebakaran

Kebakaran yang terjadi di Kelurahan Hepuhulawa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo saat dipadamkan oleh petugas Damkar. Kebakaran itu akibat membakar sampah sembarangan.

Hulondalo.id – Kebakaran kembali terjadi di jalan Maridun Haya, Kelurahan Hepuhulawa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Ahad (24/2/2019).

Nyaris serupa dengan kejadian 2 pekan lalu di tempat yang sama, yakni akibat bakar sampah. Tapi beruntung, aparat pemadam kebakaran (Damkar) tiba begitu cepat dan langsung menjinakkan si jago merah.

Peristiwa itu terjadi begitu cepat. Sekitar pukul 12.54, sang pemilik lahan Nasrun Harun baru saja selesai membersihkan lahan di belakang rumahnya. Dan sudah seperti yang lazim dilakukan para petani, sampah tersebut kemudian dibakar.

Tepat saat itu, angin sedang bertiup kencang. Dengan cepat, api tersebut membesar. Bahkan menyerembet ke pohon bambu dan tanaman jagung di area sekitar.

Awalnya Nasrun mencoba memadamkan api dengan alat seadanya. Namun bukannya padam, api malah semakin membesar dan mulai merambat ke tamanan gambut di sekitarnya. Warga sekitar pun sempat histeris akibat insiden ini.

Di situlah baru petugas piket Damkar Kabupaten Gorontalo mendapatkan informasi. Tak sampai 5 menit, 3 unit mobil damkar sudah tiba di lokasi. Pemadaman sekaligus pendinginan langsung dilakukan. Pemadaman selesai

“Alhamdulillah, api berhasil kita atasi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Kerugian materilnya hanya berupa pohon bambu dan tanaman jagung,” jelas Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gorontalo, Sumanti Maku, melalui Kepala UPTB Damkar, Farid Taha.

Di tempat yang sama, pihak Damkar pun kembali mensosialisasikan pencegahan dini kebakaran serta membagikan nomor informasi piket Damkar BPBD Kabupaten Gorontalo.(alex)